Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ini 5 Film hingga Dokumenter yang Mengangkat Kisah Hidupnya

Berikut 5 film, serial drama dan dokumenter yang mengangkat kisah hidup Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Inggris Raya. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) pukul 18.30 waktu setempat. Beberapa jam sebelumnya, pihak kerajaan memberikan pengumuman mengenai kondisi kesehatan sang ratu yang diawasi ketat oleh tim dokter.

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun. Ia memimpin Inggris Raya selama 70 tahun, ketika usianya baru 26 tahun. Layaknya keluarga pemimpin lainnya, kehidupan keluarga kerajaan selalu menarik perhatian media setempat hingga internasional.

Tak heran jika kisah hidup Ratu Elizabeth II telah banyak diangkat oleh sineas, baik dalam format film layar lebar, serial televisi, hingga dokumenter. Beberapa judul mendapat banyak pujian juga mampu membetot perhatian pemirsa.

Berikut kami rangkum 5 tayangan meliputi film, serial drama dan dokumenter yang mencuplik kehidupan Sang Ratu. Simak daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

The Queen

Film The Queen yang rilis di bioskop tahun 2006 boleh dibilang paling populer baik dari segi kualitas maupun box-office. The Queen mengangkat kisah tanggapan Kerajaan Inggris terkait peristiwa meninggalnya Putri Diana pada 1997.

Helen Mirren yang berperan sebagai Ratu Elizabeth II mendapat banyak pujian dan meraih penghargaan, termasuk Piala Oscar untuk Aktris Terbaik. Film dengan budget 15 juta dolar Amerika Serikat ini juga mampu meraup pendapatan box office 123,5 juta dolar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

The Crown

Platform streaming Netflix merilis serial The Crown pada 2016, yang mengisahkan Ratu Elizabeth II muda ketika memulai rumah tangga dengan Pangeran Philip. Aktris Inggris Claire Foy memerankan Elizabeth muda.

Serial ini meraih sukses, hingga saat ini sudah mengumpulkan empat musim dan akan dibuat hingga musim keenam. Sejak musim ketiga, peran Elizabeth diemban aktris Inggris Olivia Colman, mengingat latar kisahnya sudah sampai pada era 1960-an.

Pada Januari 2020, situs BBC mewartakan bahwa Netflix mengklaim The Crown sudah ditonton 73 juta pelanggan sejak rilis tahun 2016.

4 dari 7 halaman

A Royal Night Out

Film Inggris bergenre romansa komedi ini mengisahkan Elizabeth II muda dengan saudara perempuannya, Margaret. Aktris Kanada Sarah Gadon dipercaya memerankan Elizabeth muda.

Mengambil latar hari deklarasi perdamaian usai perang berakhir pada 1945, Margaret dan Elizabeth berbaur dalam pesta rakyat dan menyembunyikan identitas mereka. Memadukan kisah nyata dengan fiksi, film berdurasi 97 menit ini mendapat nilai 74 persen berdasarkan 73 ulasan kritikus yang masuk di situs Rotten Tomatoes.

5 dari 7 halaman

Being The Queen

Pada 2020, saluran televisi National Geographic menayangkan dokumenter Being The Queen. Berdurasi 44 menit, Being The Queen memaparkan kisah hidup Sang Ratu sejak kecil. Beberapa foto dan potongan video yang ditampilkan terbilang jarang dilihat sebelumnya.

Sejumlah kerabat hingga pengamat menceritakan sosok Elizabeth II dengan cukup detail, hingga membuat pemirsa seolah dekat dengan Sang Ratu. Dokumenter ini tersedia di platform Disney+ Hotstar.

6 dari 7 halaman

The Royal House of Windsor

The Royal House of Windsor merupakan serial dokumenter yang rilis pada 2017. Serial ini mengupas kehidupan keluarga Kerajaan selama empat generasi termasuk era kepemimpinan Ratu Elizabeth II.

Sejumlah pencapaian dan masalah yang mereka hadapi, hingga cara menyelesaikannya dikupas di dokumenter yang tersedia di Netflix ini. Serial berjumlah enam episode ini mengawali kisah dengan perang dunia I dan berakhir di kematian Putri Diana.

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.