Sukses

Ricky Cuaca Sampai Sesak Napas Saat Mendengar Penyebab Aliando Syarief Idap OCD

Liputan6.com, Jakarta - Aliando Syarief sempat menghilang bertahun-tahun dari dunia hiburan. Belakangan diketahui bahwa itu terjadi karena dia mengidap Obsessive Compulsive Disorder atau OCD.

Ricky Cuaca adalah salah satu sahabat yang menjadi tempat curhat Aliando di masa sulitnya. Kepada Ricky, aktor berusia 25 tahun itu sempat curhat panjang lebar mengenai OCD yang diidapnya.

Saat pertama kali mendengat beratnya situasi yang dialami Aliando, Ricky Cuaca mengaku sangat terkejut.

"Ternyata memang jujur sepanjang itu tu gue video call sama dia, gue sesak napas, ha? ha? karena menurut gue itu sesuatu hal yang enggak masuk di akal sehat gue. Dan itu terjadi real sama Aliando," papar pria yang akrab disapa Ricu ini, dikutip dari YouTube Cumicumi, Selasa (31/8/2022).

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Saran

Tak banyak yang bisa dilakukan Ricky Cuaca untuk membantu Aliando selain menjadi pendengar yang baik, penyemangat juga memberi nasihat yang menenangkan.

"That's why gue sebagai orang yang tidak pernah mengalami hal yang seburuk itu apa yang bisa gue lakukan?" ungkapnya.

"Gue cuma kayak. 'Li, lo sabar, tenang, lo harus ikhlas, mengerti, kalau sekarang sudah let go lo enggak bisa balas dendam juga. Dalam arti lo enggak bisa ke polisi juga karena enggak ada bukti," imbuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mental Dirusak

Aliando berada dalam kondisi di mana mentalnya dirusak sehingga tak ada pikiran untuk mengumpulkan barang bukti.

"Jadi apa lagi yang bisa gue lakukan kalau bukan membantu Ali untuk bangkit lagi," ucap Ricu.

4 dari 4 halaman

Emotional Abuse

Diberitakan sebelumnya, Aliando mengalami peristiwa kriminal yang mengakibatkan dirinya mengidap OCD. Aliando tak menceritakan detail namun dia memberi gambaran bahwa pernah mengalami kekerasan secara psikis.

"Kalau bisa dibilang, kasus gue ini hampir ada namanya domestic abuse. Kayak gue dipaksa untuk bekerja, menduiti mereka. Kalau enggak, gue disiksa. Manipulasinya lebih ke psikis, aku kan dijahati, ada yang namanya emotional abuse. Di sana abuse-nya kena ke dalam mental gue," sambung Aliando.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS