Sukses

Film Sayap-Sayap Patah Tembus 1 Juta Penonton dalam 11 Hari Penayangan

Sayap-Sayap Patah menjadi film 2022 kedelapan yang berhasil meraih pencapaian ini. Tujuh fim sebelumnya didominasi oleh film bergenre horror.

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik kembali datang dari dunia perfilman Indonesia. Dikabarkan bahwa film Sayap-Sayap Patah yang dibintangi oleh Nicholas Saputra (Ada Apa Dengan Cinta, Janji Joni, Gie) dan Ariel Tatum (Selesai, Sepeda Presiden) dikabarkan telah berhasil mengumpulkan 1 juta penonton di seluruh Indonesia setelah 11 hari ditayangkan.

Sayap-Sayap Patah adalah film keluaran rumah produksi Maxima Pictures. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo yang melambung setelah sukses dengan film romantisnya berjudul Ada Apa Dengan Cinta? (2004), yang juga dibintangi oleh Nicholas Saputra. Film berdurasi 1 jam 49 menit ini diproduseri oleh Denny Siregar.

Film ini bercerita mengenai sepasang suami istri, yakni Adji (Nicholas Saputra) dan Nani (Ariel Tatum) yang sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. Sayangnya, pekerjaan Adji sebagai seorang personel kepolisian membuat dirinya tidak dapat selalu menemani Nani. Saat Adji sedang menjalankan tugasnya, terjadi kerusuhan yang mengubah nasib keluarga kecil mereka.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata, yakni tragedi Kerusuhan Berdarah di Markob Brimob Depok yang terjadi pada bulan Mei 2018 lalu. Dilaporkan dari peristiwa ini setidaknya lima orang anggota Densus 88 dan satu orang narapidana tewas. Pelaku diidentifikasi sebagai narapidana terorisme dengan motif pemberontakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tolak Terorisme

Dengan pencapaian yang dicapai ini, secara resmi film Sayap-Sayap Patah masuk ke dalam dalam deretan film di tahun 2022 yang berhasil menyentuh jumlah sebanyak 1 juta penonton. Jumlah ini tentu masih dapat terus meningkat mengingat film ini baru dirilis pada tanggal 18 Agustus lalu, sehari setelah Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pemilihan tanggal perilisan ini bukan tanpa alasan. Dari sinopsis dapat disimpulkan bahwa film ini mengandung unsur nasionalisme yang kuat. Denny Siregar selaku produser juga menyebut bahwa film ini dibuat untuk menyadarkan masyarakat tentang kejinya terorisme yang beberapa tahun belakangan kerap terjadi di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Horor Kuasai Indonesia

Pada tahun 2022 ini, sebelumnya sudah ada tujuh film seperti Sayap-Sayap Patah yang juga berhasil mengumpulkan 1 juta penonton lebih. Ketujuh film itu adalah KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan 2: Communion, Ivanna, Ngeri-ngeri Sedap, Kukira Kau Rumah, The Doll 3, dan Kuntilanak 3. Bila diperhatikan, lima dari ketujuh film di atas adalah film bergenre horor.

Hal ini tentu tidak aneh, mengingat dari dulu di Indonesia film-film bergenre horor memang menjadi favorit masyarakat. Bahkan KKN di Desa Penari menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa setelah berhasil melampaui film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016). KKN di Desa Penari karya Awi Suryadi telah berhasil menjadi satu-satunya film Indonesia dengan jumlah penonton 9 juta orang.

4 dari 4 halaman

Siapa Selanjutnya?

Selain Sayap-Sayap Patah dan tujuh film yang disebutkan tadi, sepertinya film Mencuri Raden Saleh juga akan segera masuk ke dalam deretan film 2022 yang berhasil mencapai jumlah penonton lebih dari satu juta orang. Dikabarkan bahwa film yang baru dirilis pada 26 Agustus itu berhasil mengumpulkan 200 ribu penonton pada hari pertamanya.

Selain film Mencuri Raden Saleh, film superhero wanita pertama Indonesia Sri Asih juga diperkirakan akan sukses besar dan juga dapat mengumpulkan 1 juta penonton lebih. Film kedua dari Jagat Sinema Bumilangit ini direncanakan rilis pada 6 Oktober 2022. Film ini akan disutradarai oleh Upi (Serigala Terakhir, My Stupid Boss) dan dibintangi Pevita Pearce (5 cm, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Sebelum Iblis Menjemput) sebagai Sri Asih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.