Sukses

5 Cover Lagu Mengheningkan Cipta Paling Khidmat, Via Vallen hingga Gita Gutawa, Menyambut HUT RI ke-77

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh tiap tanggal 17 Agustus tak hanya dirayakan dengan lomba namun juga upacara bendera. Di tengah upacara, biasanya kita menyanyikan lagu nasional yang salah satunya adalah Mengheningkan Cipta.

Lagu Mengheningkan Cipta indentik dengan kekhidmatan rakyat Indonesia dalam mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawanya untuk negeri demi kemerdekaan Tanah Air tercinta.

Lagu nasional ciptaan mendiang komposer asal Solo Truno Prawit ini suda diajarkan sejak anak-anak di bangku sekolah. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa musikus yang tampak khidmat saat menyanyikan lagu ini sampai mereka membuat cover lagunya.

Namun begitu, hanya ada beberapa yang tampak sangat menghayati secrara khidmat saat menyanyikan tiap bait dalam lirik lagu Mengheningkan Cipta. Siapa saja para penyanyi dan musikus yang membawakan lagu nasional ini dengan khidmat? Berikut deretannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Via Vallen

Biarpun memiliki banyak lagu bergenre dangdut, Via Vallen tetap sanggup menghayati lagu "Mengheningkan Cipta" dengan sangat khidmat.

Suara khasnya sangat terdengar dengan lirih di awal bait hingga reffrainnya. Bahkan dalam video klipnya, Via Vallen terlihat menghayati. Lokasinya pun bertempat di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo.

3 dari 6 halaman

2. Gita Gutawa

Gita Gutawa mengemas lagu "Mengheningkan Cipta" dengan suasana yang sangat syahdu diiringi oleh komposisi musik sang ayah, Erwin Gutawa.

Dalam videonya, Gita menyanyikan lagu ini di sebuah ruangan sambil dikelilingi oleh anak-anak yang duduk sambil membawa lilin. Sesekali diperlihatkan juga grafiti para perintis kemerdekaan.

4 dari 6 halaman

3. Alffy Rev, Awdella, Rum's Strings Chamber

Biasa membawakan musik-musik bergenre bernuansa EDM bahkan di beberapa lagu nasional, Alffy Rev tetap menyajikan kekhidmatan lagu "Mengheningkan Cipta"

Bersama Awdella dan Rum's Strings Chamber Alffy Rev bahkan membuat lagu ini menjadi lebih menggetarkan dengan iringan orkestra, alat musik tradisional, serta orasi di bagian tengahnya.

5 dari 6 halaman

4. Idris Sardi

Mendiang musikus senior Idris Sardi juga pernah merekam lagu cover "Mengheningkan Cipta" dengan ciri khasnya, biola yang menyayat hati.

Iringan biola sang maestro selaras dengan suara bernada sendu dari para penyanyi orkestranya dalam rekaman ini.

6 dari 6 halaman

5. Saskia, Geofanny, Angie

Tiga mantan penyanyi cilik yaitu Saskia, Geofanny, dan Angie pernah mempersembahkan cover rekaman lagu "Mengheningkan Cipta".

Rekaman ini terdapat dalam album Lagu-Lagu Wajib Dan Perjuangan. Kekompakan mereka saat bernyanyi kala itu terdengar indah dan tak menghilangkan kekhidmatan lagu nasional ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS