Sukses

Komedian Eddy Gombloh Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Eddy Gombloh yang terbilang legendaris, meninggal dunia di usia 80 tahun pada hari ini, Kamis (4/8/2022). Kabar ini datang melalui sebuah pengumuman dari Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe, disampaikan kepada wartawan.

Disampaikan oleh Evry Joe, Eddy Gombloh meninggal dunia di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta, pada pukul 12.30 WIB. Rencananya, jenazah almarhum akan dimakamkan pada Jumat (5/8/2022) siang besok. Kini jenazah sedang disemayamkan di rumah duka di Yogyakarta.

"Betul sekali, beliau meninggal di Yogyakarta. Beliau lumayan cukup panjang umur, ya. Beliau adalah komedian populer, bersama Ateng, saat itu kita masih kecil," ujar Evry Joe saat mengonfirmasi kabar duka ini kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

"Semoga almarhum berpulang dengan khusnul khotimah. Karya beliau akan jadi ladang amal di kemudian hari. Pembelajaran untuk para seniman budayawan komedian Indonesia, betapa mereka itu memiliki karakter yang sangat kuat," lanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

Rencana Waktu Pemakaman

Dalam pesan teks yang disebar kepada wartawan, Evry Joe menyampaikan secara detail waktu sekaligus lokasi pemakaman. Begitu juga dengan penyebab almarhum meninggal dunia.

"Pemakaman di TPU Tegal Alur, Cengkareng (Jakarta Barat) jam 12 besok siang (5/8/2022). Penyebabnya penyakit menua," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Berkarier Sejak Era 1970-an

Lahir pada 17 Agustus 1941, Eddy Gombloh merupakan satu dari sekian komedian legendaris di Tanah Air yang memiliki karier cemerlang semasa hidupnya. Selama berkiprah di dunia hiburan Tanah Air, Eddy Gombloh sempat bermain di puluhan film layar lebar pada dekade 1970-an hingga awal 1990-an.

Eddy Gombloh juga terlihat beberapa kali tampil bersama sejumlah komedian Betawi ternama masa itu termasuk Benyamin Sueb. Mereka tampil dalam film Biang Kerok, Tiga Janggo, hingga Tarsan Kota. Ia juga sempat tampil di beberapa film Warkop DKI.