Sukses

Program Yoo Hee Yeol’s Sketchbook yang Ikonis Tamat di Tengah Skandal Plagiarisme Sang MC

Yoo Hee Yeol sendiri sebelumnya sudah mengaku secara tak sengaja melakukan penjiplakan.

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar K-Pop pasti sudah tak asing dengan nama program musik dan bincang-bincang Yoo Hee Yeol’s Sketchbook. Pasalnya acara yang dipandu Yoo Hee Yeol ini seakan menjadi “ajang pembuktian” kualitas vokal para penyanyi yang tampil, karena mereka bernyanyi secara live.

Namun acara yang tayang di KBS ini bakal tamat dalam waktu dekat. Dilansir dari Soompi, disampaikan pertama kali di Star Today, bahwa syuting episode final akan dihelat pada hari ini, Selasa (19/7/2022).

Hal ini telah dibenarkan oleh pernyataan resmi tim produksi dari acara yang pertama kali tayang pada 24 April 2009 tersebut.

“Penayangan pada 22 Juli 2022, di mana casting dan pendaftaran untuk hadir sebagai penonton telah selesai dilakukan. Acaranya akan tayang secaa normal, dan setelah itu, Yoo Hee Yeol's Sketchbook akan berhenti disiarkan,” begitu pernyataan tim produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Sengaja Menjiplak

Sayangnya, berhentinya acara legendaris ini berkaitan erat dengan skandal yang tengah dihadapi sang pembawa acara, Yoo Hee Yeol. Ia dituding melakukan penjiplakan terhadap lagu “Aqua” milik Ryuichi Sakamoto.

Yoo Hee Yeol sendiri sebelumnya sudah mengaku secara tak sengaja melakukan penjiplakan.

“Sebagai musisi, ia adalah sosok yang saya hormati dan paling berpengaruh kepada saya sejak lama.  Saya menulis lagu dengan cara yang mirip, sehingga secara tidak sadar tetap berada di ingatan saya. Saat [lagu itu] dirilis, saya pikir itu adalah murni ciptaan saya, tetapi saya harus mengakui kesamaan antara kedua lagu tersebut,” kata dia. 

3 dari 4 halaman

Episode ke-600

Setelah kabar mengenai tamatnya Yoo Hee Yeol’s Sketchbook mengemuka, ia kembali merilis pernyataan pribadi mengenai hal ini.

“Kami berencana untuk merampungkan Yoo Hee Yeol’s Sketchbook setelah episode 600 berakhir. Saya dengan tulus mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang begitu mencintai [program] yang tayang selama 13 tahun tiga bulan ini,“ kata dia, sembari berterima kasih kepada tim yang bekerja keras hingga akhir.

4 dari 4 halaman

Efek Skandal

Ia juga kembali buka suara soal efek skandal ini kepada dirinya. Salah satu yang paling menyakiti hatinya, kata penyanyi 51 tahun ini, tahun-tahun yang ia lewati selama ini dianggap tak berarti karena kontroversi itu.

“Ada bagian dari tuduhan plagiarisme ini yang sulit saya setujui. Banyak yang mungkin merupakan pendapat dan interpretasi individu, tetapi sulit untuk saya terima,” kata dia.

Ia juga meyakinkan bahwa ke depannya hal ini tak akan terjadi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.