Sukses

Profil Bob Tutupoly yang Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun, Sang Pelantun Widuri dan Presenter Tembang Kenangan

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti dunia musik Indonesia. Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia di usia 82 tahun pada Selasa (05/07/2022). Kabar ini diterima redaksi Liputan6.com dari pengamat musik Stanley Tulung. "Selamat jalan Oom Bob Tutupoly,” tulis Stanley dengan membubuhkan emoji sedih.

Bob Tutupoly meninggal dunia usai dirawat di RS Mayapada, Jakarta Selatan. Kemudian, jenazah Bob disemayamkan di Rumah Duka Siloam, Semanggi. Belum diketahui pasti rencana pemakaman pria berdarah Ambon ini.

Beberapa bulan terakhir, kondisi kesehatan Bob diketahui menurun. Ia dikabarkan terkena strok ringan. Beberapa artis sempat mengunggah momen menjenguk pelantun "Tinggi Gunung Seribu Janji." Di antaranya Tantowi Yahya dan Yuni Shara.

Tak cuma dikenal sebagai penyanyi serbabisa, Bob juga piawai dalam membawakan acara. Berikut profil Bob Tutupoly yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (05/07/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Surabaya

Bob Tutupoly lahir di Surabaya pada 13 November 1949, putra pasangan Adolf Laurens Tutupoly dan Elisabeth Wilhemmina Henket-Sahusilawane. Ia anak kedua dari lima bersaudara. Bob bersama saudaranya yang lain dididik dengan disiplin militer oleh sang ayah, yang pernah berdinas di Angkatan Laut pada era penjajahan Belanda.

Diketahui, Bob sempat kuliah di Peguruan Tinggi Ekonomi Surabaya (kini Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga) dan Universitas Padjajaran, Bandung, tapi tidak selesai. Bakat seni Bob mengalir dari sang ayah yang pemain suling dan ibunya penyanyi gereja.

3 dari 6 halaman

Menyanyi

Bob mulai karier musik sejak usia remaja. Ketika SMA, ia bergabung dengan Kwartet Jazz RRI Surabaya dengan Didi Pattirane. Bob pernah juga diajak bergabung dengan Chen Brothers (Bubi Chen, Niko, Jopie Chen dan Frans) untuk mengisi acara dansa kalangan atas.

Pada 1963, ia diminta menggantikan Bill Saragih sebagai vokalis band The Riders, yang tampil dalam Nirwana Super Club, Hotel Indonesia, salah satu tempat prestisius masa itu.

Bob sempat meraih predikat penyanyi kesayangan ABRI pada 1966-1969. Kemudian, pada 1969 ia pindah ke Amerika Serikat. Impian rekaman di Amerika tak terwujud. Namun, Bob bergabung dengan The Midnighters untuk manggung di San Fransisco dan Los Angeles.

Ia juga pernah bernyanyi di klub kota Las Vegas. Pada 1976, Bob pulang ke Indonesia dan merekam "Widuri." Lagu itu hit pada masanya dan masih dikenal hingga era sekarang.

4 dari 6 halaman

Presenter dan Aktor

Bob Tutupoly diketahui pernah bermain beberapa film. Di antaranya, Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) (1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008).

Pada era 1980-an, ia menjadi pembawa acara di TVRI seperti Kuis Pesona 13. Ketika usianya tak muda lagi, Bob jadi host program lagu nostalgia Tembang Kenangan di Indosiar yang populer pada akhir era 1990-an hingga pertengahan 2000-an.

5 dari 6 halaman

Keluarga

Bob Tutupoly pernah menjabat sebagai humas di Restoran Ramayana di negara bagian New York pada era 1970-an. Di sana ia berkenalan dengan Rosmayasuti Nasution alias Yosie, yang tampil menari di restoran tersebut. Pada 1972, Bob melamar Yosie. Pada 1977 keduanya menikah dan dikaruniai seorang putri, Sasha Karina Tutupoly pada 1978.

6 dari 6 halaman

Infografis