Sukses

Ridwan Kamil Ungkap Foto Terakhir Emmeril Kahn Mumtadz yang Diabadikannya: Ini Foto Terganteng

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mempersiapkan kepulangan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Di sela-sela proses pemulangan jenazah mendiang Emmeril Khan Mumtadz, Ridwan Kamil membagikan potret anak sulungnya itu.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, Ridwan Kamil mengunggah foto Eril berkacamata hitam dengan mengenakan jas warna biru muda. Suami Atalia Praratya ini menjelaskan, foto Eril yang diunggahnya itu merupakan foto terakhir yang diabadikannya.

"Dan ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi," tulis Ridwan Kamil sebagai status teks unggahan pribadinya, Minggu, 12 Juni 2022. Dilihat Liputan6.com, unggahan tersebut sudah mendapatkan 800 ribu lebih tanda hati.

Ridwan Kamil juga menyisipkan filosofi hidup mendiang putranya. "Filosofi Hidup Eril : “berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan” tulis Ridwan Kamil.

 

2 dari 4 halaman

Bersama Jenazah Eril

Saat ini, Ridwan Kamil menginformasikan, dirinya sedang bersama jenazah mendiang putranya. Ridwan Kamil bersiap untuk memulangkan jenazah Eril ke Indonesia.

Menurut rencana, Ridwan Kamil dan jenazah Eril bakal tiba di Tanah Air sekira pukul 16.00 WIB.

"Saat ini saya sedang membersamai Jenazah Eril yang Insya Allah akan tiba jam 16.00 hari Minggu ini di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya berangkat ke Bandung," tulis dia.

3 dari 4 halaman

Peti Jenazah

Sebelumnya, Ridwan Kamil memperlihatkan peti jenazah yang terbuat dari kayu cokelat dengan pegangan keemasan di sisi depan dan belakang disertai surat terbuka untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Patut diduga, itu adalah peti jenazah Eril yang akan dipulangkan ke Indonesia akhir pekan ini. Jenazah anak Ridwan Kamil dijadwalkan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Jawa Barat, Wahyu Mijaya, menyebut almarhum akan dikebumikan di permakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  

“Dear Eril, saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu,” demikian suami Atalia Praratya memulai surat terbukanya.

4 dari 4 halaman

Rumah Peristirahatan Terakhir

Selanjutnya, Ridwan Kamil menggambarkan tempat peristirahatan terakhir Eril istimewa lantaran berdampingan dengan sungai dilatari panorama gunung dan sawah nan permai.

“Dear Eril. Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa, sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah,” tulis bintang film Dilan 1990 dan Yowis Ben 2.

“Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai,” Ridwan Kamil menyambung. Selain foto peti jenazah, ia memperlihatkan sejumlah sketsa.

Salah satunya, kuburan yang dilatari tembok asimetris melengkung, dikepung taman bunga, dan pohon dengan dahan-dahan rindang. Tampaknya, inilah rumah terakhir Eril.