Sukses

Gelar Hajinya Diragukan Doddy Sudrajat, Begini Tanggapan Faisal

Liputan6.com, Jakarta Doddy Sudrajat tak henti-hentinya menyulut emosi Haji Faisal. Setelah mepermasalahkan tentang rumah Gala Sky Andriansyah hasil donasi, kini ayah mendiang Vanessa Angel meragukan gelar haji besannya.

Menanggapai pernyataan Doddy Sudrajat, Haji Faisal membalasnya dengan santai. Pria asal Padang, Sumatra Barat itu menjelaskan bahwa gelar tersebut sudah biasa diterima masyarakat Indonesia setelah pulang menjalani ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah.

Oleh karenanya tak heran bila dirinya dipanggil haji oleh kebanyakan orang karena telah melakukan rukun islam yang kelima.

"Kalau masalah Haji diragukan masalah gelar Haji orang yang pergi ke Mekkah, begitu dia pulang dari Mekkah orang sudah memanggil Haji," kata Faisal di kutip dari kanal YouTube Seleb Oncam, Jumat (10/6/2022).

"Bukanlah suatu gelar yang melalui pendidikan formal ya, kan salah satu rukun Islam itu adalah naik Haji, nah saya pergi Haji tentu pergi ke Mekkah, pulang tentu saya dipanggil orang Haji," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Memaksa

Selama ini Faisal tidak pernah memaksa untuk memanggilnya dengan sebutan Haji. Namun karena itu sudah menjadi kebiasaan massyarakat di Indonesia, ia hanya mengikuti apa yang sudah ada.

"Saya tidak meminta dipanggil Haji, karena begitu tuntutan ya sudah saya mau bicara apa, mau berkata apa," ujar Faisal.

3 dari 4 halaman

Kapasitas

Kendati demikian, Faisal enggan menanggapi lebih jauh mengenai hal tersebut. Sebab ia belum mendengar langsung penyataan tersebut dari Doddy Sudrajat.

"Bukan kapasitas saya menjawab pertanyaan orang itu, karena saya belum mendengar pertanyaan orang itu."

4 dari 4 halaman

Tak Pantas

Menurut Haji Faisal , Doddy Sudrajat tak pantas membahas tentang kegamaan orang lain. Menurutnya, masalah itu hanya bisa diketahui oleh Sang Khalik

"Di dalam persoalan beragama menurut saya bagi saya beragama seseorang itu, itu tidak bisa kita ukur tidak bisa kita nilai karena itu urusan hatinya, urusan pribadinya kepada Allah SWT," katanya..