Sukses

5 Band Indonesia yang Ditinggal Personel hingga Pertengahan 2022, Terbaru Richie Dipecat dari Five Minutes

Liputan6.com, Jakarta Dari tahun ke tahun, industri musik Indonesia selalu diperkuat dengan karya kelompok musik atau band. Beberapa band berhasil mempertahankan eksistensi hingga puluhan tahun. Namun, banyak yang mengalami bongkar pasang personel.

Dewa 19 misalnya, lebih dari 35 tahun tetap bertahan dan digolongkan sebagai salah satu band papan atas. Namun demikian, band yang digawangi Ahmad Dhani ini sempat beberapa kali mengalami perubahan vokalis mulai dari Ari Lasso, Once Mekel hingga Marcello Tahitoe.

Tahun 2022 baru memasuki akhir semester pertama. Meski demikian, setidaknya sudah ada lima musikus yang tak lagi bergabung dengan band yang sempat mereka perkuat. Pada umumnya, mereka tak menjelaskan alasan detail memilih cabut dari band.

Beberapa musikus bukan hengkang karena pilihan sendiri, melainkan diberhentikan oleh pihak manajemen atau rekan satu band. Sebut saja Richie yang dipecat dari Five Minutes karena dianggap melanggar kode etik dan kesepakatan. Berikut 5 band yang kehilangan personel hingga paruh awal 2022, dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (08/06/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

SVMMERDOSE

SVMMERDOSE adalah band indie yang didirikan pada 2017. Awalnya SVMMERDOSE diperkuat Iqbaal Ramadhan, Tarapti Ikhtiar Rinrin dan Abbydzar Nur Fauzan. Pada 2019, Abbydzar terlebih dulu mengundurkan diri. Pada Januari 2022, giliran bintang film Dilan 1990 yang mengumumkan dirinya hengkang dari SVMMERDOSE. Menyisakan satu personel, tak diketahui nasib SVMMERDOSE selanjutnya. Instagram terverifikasi SVMMERDOSE terakhir mengunggah feeds pada Juli 2021.

3 dari 7 halaman

Sheila On 7

Brian Kresna Putro resmi hengkang dari Sheila On 7 pada 6 April 2022. Pihak manajemen menyebut ada masalah internal, namun enggan merincinya. Brian diketahui telah bergabung dengan Sheila On 7 sejak 2004. Kini Sheila On 7 hanya diperkuat Duta, Eross dan Adam. Beberapa pekan terakhir, muncul kabar Desta akan menggantikan posisi Brian lantaran beberapa kali nongkrong bareng personel Sheila On 7.

4 dari 7 halaman

Yovie & Nuno

Band Yovie & Nuno mulai dibentuk pada 2001 (dengan nama Yovie & the Nuno), dan beberapa kali mengalami bongkar pasang personel. Terbaru, Dikta sang vokalis mengumumkan dirinya mundur dari Yovie & Nuno pada 1 Juni 2022. Lewat sebuah video yang diunggah di Instagram pribadinya, Dikta menyebut keputusannya telah disepakati bersama dan tetap berhubungan baik.Yovie & Nuno telah mengumumkan formasi terbarunya yang terdiri dari 4 member, Diat, Adhyra, Chico dan Ady.

 

5 dari 7 halaman

Superglad

Pada 1 Juni 2022, Superglad lewat akun Instagram mengumumkan bahwa Buluk alias Lukman Laksmana tidak lagi tergabung bersama mereka. Sebelum ada pengumuman ini, sosok Buluk menjadi pemberitaan lantaran dilaporkan dengan dugaan penipuan berkedok investasi di Polda Metro Jaya.

6 dari 7 halaman

Five Minutes

Pada 4 Juni 2022, Five Minutes mengumumkan bahwa Richie Setiawan tidak lagi menjadi bagian dari mereka. Lewat pernyataan tertulis di Instagram, pihak Five Minutes menyebut pria yang menjadi vokalis sejak 2007 ini sudah melanggar kode etik dan komitmen yang sudah disepakati bersama.

7 dari 7 halaman

Infografis