Sukses

Rhoma Irama Berduka Eril Anak Ridwan Kamil Dinyatakan Meninggal Dunia, Sampaikan Lewat Video Khusus

Liputan6.com, Jakarta Rhoma Irama menjadi salah satu dari sekian banyak artis Tanah Air yang mengungkapkan duka cita atas hilangnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril, selama sepekan di Bern, Swiss. Hingga sampai pada Jumat (3/6/2022), Eril dinyatakan meninggal dunia.

Ucapan duka cita Rhoma Irama disampaikan melalui sebuah rekaman video khusus sambil didampingi sang istri, Ricca Rachim, pada Jumat (3/6). Dalam pernyataannya, Rhoma Irama berusaha untuk menabahkan keluarga Ridwan Kamil.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un. Turut berduka cita atas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz #EmmerilKahnMumtadz," begitu keterangan yang dituliskan Rhoma Irama bersama video ucapan duka.

Dalam videonya, Sang Raja Dangdut terlihat mengenakan batik, sementara sang istri mengenakan hijab putih dan kemeja pink dengan outer hitam. Lokasi video tersebut bertempat di salah satu sudut rumah pelantun "Begadang".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Duka Raja Dangdut

Ungkapan duka cita Rhoma Irama kepada keluarga Ridwan Kamil disampaikan dengan kalimat umum. Namun ketika mendoakan ketabahan bagi keluarga sang Gubernur, ia tampak seperti menahan rasa haru.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un. Saya beserta keluarga menyatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz ketika berenang di sungai Aare Swiss," ujar Rhoma Irama dalam video yang diunggah di akun Instagram @rhoma_official, Jumat (3/6).

3 dari 4 halaman

Mendoakan Arwah Eril

Selanjutnya, Rhoma Irama mendoakan ketenangan bagi arwah Eril, menyiratkan bahwa sang Raja Dangdut juga sangat yakin putra sulung Ridwan Kamil sudah tiada.

"Semoga arwah beliau diterima di sisi Allah SWT. Dan bagi keluarga yang ditinggalkan, Kang Emil dan keluarga, semoga diberi ketabahan, kesabaran. Amin. Assalamualaikum," sambung Raja Dangdut sambil menutup ucapan duka.

 

4 dari 4 halaman

Dinyatakan Meninggal Dunia

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aree, Swiss. Hal itu berdasarkan upaya pencarian oleh pemerintah Swiss selama hampir sepekan.

"Tadi disampaikan otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin Muniruzaman selaku perwakilan keluarga saat memberikan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

Usai dinyatakan wafat, pihak keluarga juga telah berkonsultasi dengan MUI Jawa Barat untuk menunaikan hak Eril yang meninggal sebagai seorang muslim, yakni disalatkan.

"Kami langsung berkonsultasi dengan MUI Jabar menyampaikan situasi dan meminta nasihat langsung, selanjutnya di mana dalam hal ini adalah memberikan menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim yaitu disegerakan disalatkan manakala wafat," tutup Erwin.