Sukses

Dari Mandela Sampai Che Guevara, Berikut 5 Film Tokoh Dunia yang Wajib Kamu Tonton!

Kompleksitas terhadap suatu peristiwa tersaji dalam 5 film yang bertemakan biografi yang wajib kamu tonton.

Liputan6.com, Jakarta Sarana praktis buat mendapatkan informasi ya film. Kamu tinggal buka platform penyedia layanan streaming film sambil rebahan di kasur dengan sekaleng cemilan biar nggak boring, udah bisa nikmatin serunya alur cerita yang tersaji. 

Film sejatinya sarana hiburan di kala penatnya pikiran. Tapi, ketika kamu lagi gabut atau ingin ningkatin wawasan dan cara pandang terhadap sebuah situasi, film cocok dijadikan bahan acuan atau pertimbangan. Di sana tersaji pengalaman personal akan suatu peristiwa, gimana cara ambil keputusan dalam situasi yang genting, dan juga bagaimana me-manage kepentingan dari setiap individu.

Kompleksitas terhadap suatu peristiwa itu tersaji dalam 5 film yang bertemakan biografi yang wajib kamu tonton. Siapa tahu, dengan nonton film ini wawasan dan cara pandang kamu bisa meluas. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mandela: Long Walk to Freedom (2013)

Film ini menggambarkan secara gamblang bagaimana kebijakan apartheid diberlakukan. Warga kulit berwarna mendapatkan hak dan perlakuan hukum yang tidak adil dengan warga kulit putih. Dari mulai fasilitas umum, kebijakan publik, hak berpolitik, sampai rumah sakit sekalipun dibedakan antara warga kulit putih dengan warga kulit berwarna.

Nelson Mandela adalah simbol perlawanan masyarakat untuk menumbangkan sistem apartheid di Afrika Selatan dan juga segala bentuk diskriminasi ras di seluruh dunia. Perjuangan Mandela ini menjadi tontonan sekaligus menuai simpati dari seluruh dunia selama puluhan tahun.

Puncaknya adalah ketika Mandela pada tahun 1994 dinobatkan menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan, setelah sebelumnya diasingkan dalam pemenjaraan selama 27 tahun di negaranya sendiri! Buat kamu yang ingin kenal dengan Nelson Mandela nggak lewat buku bacaan, film ini bisa dijadikan alternatif tambah wawasan kamu.

3 dari 6 halaman

2. Gandhi (1982)

Film berdurasi lebih dari 3 jam ini menggambarkan situasi India saat dijajah oleh Inggris. Film ini juga menceritakan perjuangan hidup Gandhi dalam melawan penjajahan dengan prinsip kooperasi. Dari perjuangan diplomasi Gandhi di Afrika Selatan, kemudian perjuangan panjang memerdekakan India, hingga berbagai hal nekat yang ia lakukan untuk menghentikan perang saudara antara warga Muslim dan Hindu.

Selama hidupnya Gandhi melakukan sumpah puasa untuk menghentikan bentrokan sipil sebanyak 17 kali, dipenjara oleh pemerintah kolonial sebanyak 12 kali, sampai akhirnya ditembak di depan umum pada jarak dekat oleh karena Gandhi dinilai terlalu membela umat Muslim di India maupun Pakistan.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui latar belakang kehidupan pribadi dan politik dari seorang icon gerakan perdamaian abad 20, wajib deh nonton film ini! 

4 dari 6 halaman

3. Lincoln (2012)

Abraham Lincoln merupakan Presiden ke-16 Amerika Serikat yang memperjuangkan sebuah ide revolusioner pada masanya, yaitu penghapusan sistem perbudakan di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Film ini menceritakan gimana kisah perjuangannya yang punya impact bukan hanya di Amerika Serikat aja, tapi di seluruh dunia.

Ketika kalangan konservatif Amerika Serikat menentang ide gila itu, Abraham Lincoln berjuang untuk menang dalam opini publik (ya, karena konservatif masih banyak). Selain itu, ia juga melakukan konfrontasi dengan tuan tanah yang memiliki banyak budak demi melepaskan belenggu perbudakan itu.

5 dari 6 halaman

4. Selma (2015)

Selma, begitu film ini diberi nama sesuai dengan nama daerah di mana gerakan revolusioner besar dilakukan oleh seorang Martin Luther King, Jr.

Selma adalah sebuah kota di negara bagian Alabama, yang menjadi awal perjuangan seorang Martin Luther King, Jr dalam mengesahkan undang-undang kesetaraan hak warga kulit hitam. Undang-undang tersebut bertujuan untuk menghapuskan diskriminasi rasial kepada warga kulit hitam sekaligus untuk menjadi bagian dalam demokrasi yaitu memiliki hak suara dalam pemilihan umum. Sebelumnya suara mereka “dibungkam” oleh white supremacy atau pandangan yang menempatkan orang kulit putih di atas kulit hitam.

Ikoniknya film ini saat ribuan orang melakukan long march, berjalan kaki dari Selma ke Montgomery, sebagai bentuk protes dan desakan terhadap Presiden Amerika Serikat, Lyndon Baines Johnson, untuk menandatangani Voting Rights Act yang berisi kesetaraan hak-hak sipil.

Buat kamu yang ingin menambah wawasan seputar gejolak politik Amerika Serikat, film ini bisa jadi rekomendasi ya!

6 dari 6 halaman

5. Che (2008)

Che Guevara sudah menjadi simbol revolusi, simbol pemberontakan terhadap kediktatoran, simbol “rebellion” bagi banyak orang, termasuk banyak pemuda Indonesia. Tapi terlepas dari itu, berapa banyak sih di antara orang yang pakai kaos Che itu tau, siapa sebenarnya Che Guevara?

Bagaimana kisah hidupnya dan apa yang dia perjuangkan? Berapa banyak pemuda Indonesia yang tahu bahwa sebetulnya Che tidak punya latar belakang militer sama sekali, tapi justru adalah seorang dokter? Berapa banyak pemuda Indonesia yang tau bahwa bahwa sosok Che yang begitu terkenal merevolusi pemerintahan Kuba sebenarnya dia bukanlah orang Kuba, tapi justru adalah seorang warga Argentina?

Nah, di film ini kamu bisa menemukan jawaban atas segala pertanyaan tentang sosok Che Guevara ini lho! Fyi, film ini dihadirkan dalam dua part ya, kamu harus tonton keduanya!

Nah, itulah 5 film yang ada korelasinya dengan tokoh dunia yang wajib kamu tonton. Semoga film itu bisa jadi langkah awal buat kamu melakukan eksplorasi lebih dalam tentang tokoh-tokoh dunia ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini