Sukses

Hari Ini Miing Bagito Jalani Operasi Bypass Jantung, Minta Doa kepada Masyarakat dan Para Sahabat

Liputan6.com, Jakarta Komedian senior Miing Bagito atau yang bernama asli, Tubagus Dedi Suwendi Gumelar, membagikan kabar mengenai kesehatannya. Saat ini, ia tengah menjalani pengobatan untuk masalah pada jantungnya.

Miing Bagito kemudian memohon doa dari seluruh masyarakat untuk tindakan operasi bypass jantung yang akan dijalaninya pada Sabtu (21/5/2022) di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kabar tersebut diketahui melalui video yang beredar di beberapa WA Grup rekan-rekan seniman.

Video Miing Bagito itu kemudian diunggah oleh salah seorang sahabatnya, Jilal Mardhani, di laman Facebook-nya.

"Assalamualaikum wr wb, bapak ibu sekalian, saudara-saudaraku yang tercinta, teman-teman para sahabat, para senior, saya membuat video ini ingin menyampaikan balasan dari ucapan perhatian dan doa dari semua yang masuk ke telepon saya," kata Miing Bagito dalam video tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Tak memungkinkan Pasang Ring

Semula, Miing Bagito dijadwalkan akan menjalani operasi pemasangan ring. Namun rupanya hal itu urung dilakukan karena ada beberapa kondisi dalam jantungnya yang tidak memungkinkan dirinya melakukan operasi tersebut.

"Sedianya akan dilaksanakan operasi pemasangan stan atau ring, tetapi setelah dilakukan operasi kateter untuk memantau apakah mungkin atau tidak, ternyata menurut dokter yang menangani bahwa tidak memungkinakan dipasang stan," jelas Miing.

"Karena begitu rumitnya bawaan jantung di dalam diri saya itu, dari tiga saluran pembuluh darah koroner ini, dua sudah tersumbat di pangkalnya, jadi tinggal satu," bebernya.

 

3 dari 4 halaman

Operasi Bypass

Oleh karenanya, pihak keluarga dan dokter tidak ingin mengambil risiko dan memutuskan untuk melakukan tindakan bypass jantung kepada Miing Bagito.

"Untuk memasang pun kesulitan karena di tengah-tengah pertigaan dan segala macam hiruk-pikuknya sauran itu menjadi mengecil, kalau dipaksakan dia akan tersumbat. Otomatis keluarga dan dokter mengambil keputusan agar pelaksanaan ini ditunda lalu diganti operasi by pass yang lebih memungkinkan," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Minta Doa

Mengakhiri videonya itu, Miing meminta doa agar operasi yang dijalaninya itu berjalan lancar tanpa ada suatu kendala apapun.

"Saya berserah diri kepada Allah, dan saya ikhlas. Semuanya dari Allah yang terbaik. Mudah-mudahan doa dari sauadara-saudara sekalian bisa membantu semangat saya paling tidak, dan doa adalah senjatanya orang beriman, insyaallah Allah kabulkan. Kita serahkan, doakan saya tanggal 21 Mei akan menjalani operasi by pass," tutupnya.