Sukses

Seniman Heri Dono Sebut Kreativitas Seni Lahir Dari Ruang Imajinasi, Inspirasi Hingga Fantasi

Liputan6.com, Jakarta Seniman Heri Dono menjadi salah satu narasumber dalam pembukaan pameran seni Erlangga Art Awards 2022 di Museum Nasional, Jakarta, bertema “Indonesia Negara Pemenang,” pada Selasa (17/5/2022).

Pameran ini diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Digelar mulai 14 Mei hingga 12 Juni 2022, Erlangga Art Awards 2022 menyuguhkan karya lukisan, fotografi, film pendek, hingga seni instalasi.

Beragam karya seni ini hasil kerja seniman muda dan pelajar Indonesia. Pameran dimeriahkan dengan workshop, hiburan, dan anugerah pemenang kompetisi Erlangga Art Awards 2022 yang telah digelar pada Maret hingga April 2022.

Dalam kesempatan itu, Heri Dono mengingatkan publik tentang proses lahirnya sebuah karya seni. Salah satunya, ruang-ruang imajinasi yang “mewadahi” ide para seniman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ruang Imajinasi

“Kreativitas seni lahir melalui ruang-ruang imajinasi, inspirasi, fantasi, dan lain-lain yang membentuk kebenaran persepsi manusia yang multitafsir menjadi ajang penting di samping keberadaan logika, filsafat, science dan teknologi,” katanya.

Heri Dono menilai, Erlangga Art Awards 2022 dapat menginspirasi platform edukasi dan kebudayaan serta memberi wacana maupun ide-ide segar bagi kemajuan juga kemakmuran Indonesia.

3 dari 4 halaman

Sangat Kontekstual

“Tema Indonesia Negara Pemenang sendiri bagi saya amat kontekstual dalam menggambarkan optimisme dan harapan yang tinggi bagi masa depan baru negara Indonesia,” ujar Heri Dono.

“Saya berharap acara ini akan terus berlanjut dengan wacana global yang berskala internasional,” ungkapnya seraya meyakini kompetisi ini turut berkontribusi dalam melahirkan seniman generasi baru di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Ruang Berekspresi

Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products Penerbit Erlangga, Fikri Somyadewi, menjelaskan, acara ini bagian dari perayaan hari jadi ke-70 Penerbit Erlangga. Tujuannya, mengasah talenta pelajar, mahasiswa, serta masyarakat luas.

“Kami ingin memberi ruang berekspresi, meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan pelajar dan masyarakat. Ada 24 karya lukis, 16 karya fotografi, 24 film pendek, 30 instalasi seni, dan 16 puisi di Erlangga Art Awards 2022. Total ada 110 karya,” bebernya.