Sukses

Oscar Lawalata Ikut Rayakan Hari Kartini, Kutip Kalimat R.A Kartini Tentang Seorang Gadis

Liputan6.com, Jakarta - Oscar Lawalata telah menghabiskan waktunya untuk tinggal di luar negeri. Meski begitu, kakak Mario Lawalata ini tak melupakan hari pahlawan di Indonesia.

Seperti Hari Kartini yang dirayakan setiap 21 April, transgender yang telah mengubah namanya menjadi Asha Smara Darra tetap mengingatnya. Dalam perayaan tersebut, ia mengunggah fotonya dalam warna hitam putih.

Dalam foto tersebut, anak Reggy Lawalata membiarkan rambut pendeknya berantakan hampir menutupi wajahnya. Tak ada senyum pada foto tersebut. Penampilannya pun tak lagi berambut cepak seperti biasanya sehingga terlihat benar-benar seperti wanita seutuhnya.

Tak hanya itu, desainer ini juga mencoba untuk mengingatkan kaum perempuan tentang pemikiran R.A Kartini. Salah satunya tentang seorang gadis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kutip

Dalam keterangan yang ditulisnya di akun Instagram terverifikasi, Oscar Lawalata atau Asha mengutip satu kalimat yang menceritakan tentang sosok seorang gadis.

Gadis yang pikirannya telah dicerdaskan , pandangannya telah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya “ ~ R A Kartini," tulisnya.

 

3 dari 5 halaman

Wanita

Sejak dua tahun lalu, Oscar Lawalata mengumumkan bahwa dirinya telah mengubah gendernya menjadi seorang wanita. Dan tentu sekarang, ia sudah merasakan perannya tersebut. Sehingga ia ikut merayakan kebebasan sebagai seorang perempuan dari perjuangan pahlawan nasional R A Kartini.

 

4 dari 5 halaman

Lama

Bukan hal mudah bagi Reggy Lawalata untuk menerima kondisi anaknya yang berbeda. Bahkan, Reggy harus berpikir tak hanya satu atau dua tahun saja.

"Bisa menerima kondisi Oscar itu lima atau enam tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan," ungkapnya, beberapa waktu lalu.

 

5 dari 5 halaman

Dukungan

Akhirnya, Reggy Lawalata pun menerima kondisi Oscar. Bahkan, ia berusaha untuk tetap memberikan dukungan kepadanya. Selain itu juga, kasih sayangnya kepada sang anak tak berkurang sedikit pun.

"Pemilihan Oscar apa pun itu, saya support karena bagaimana pun kamu adalah anak saya. Apa pun kamu I love you so much, so you can do what you want. Whatever you want. Whatever dan saya tidak peduli sama semua orang," tambahnya.