Sukses

Selalu Mangkir Dipanggil Penyidik Dalam Kasus Penyekapan, Kompolnas Minta Polres Jaksel Jemput Paksa Nindy Ayunda

Nindy Ayunda sempat dilaporkan ke polisi dalam kasus penyekapan.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyoroti pelaporan kasus dugaan penyekapan yang dilakukan penyanyi Nindy Ayunda yang ditangani Polres Jakarta Pusat. Nindy disebut telah mangkir dari panggilan penyidik untuk dimintai keterangannya sebagai terlapor.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, dalam melaksanakan lidik sidik pidana, penyidik kepolisian berpedoman pada KUHAP serta aturan-aturan kepolisian, termasuk SOP kepolisian.

"Penyidik harus secara berkala menginformasikan kepada Pelapor tentang progres penanganan kasus disertai informasi tentang hambatan penanganan kasus," kata Poengky melalui pesan WhatsApp (WA), Senin (4/4/2022).

Dia menegaskan, pada Pasal 112 KUHAP menyebutkan bahwa saksi wajib menghadiri panggilan penyidik. "Jika dua kali berturut-turut tidak hadir tanpa alasan, maka polisi berwenang memanggil atau menjemput paksa," tegas Poengky.

Lanjut Poengky, jika Pelapor (korban) merasa penyidik tidak profesional dalam menangani laporan perkara, disarankan melapor ke pengawai internal Polri melalui aplikasi Dumas Presisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan

Poengky pun mempersilakan Pelapor membuat laporan kepada Kompolnas selaku pengawas fungsional Polri melalui e-Lapor Kompolnas, atau melalui email. "Disertai kronologi kasus, bukti pendukung dan foto kopi kartu identitas ke Sekretariat Kompolnas," terangnya.

Berdasarkan pengaduan yang diterima dari Pelapor, Poengky mengatakan, Kompolnas akan melakukan klarifikasi ke Polda Metro Jaya.

"Kami sangat terbuka kepada masyarakat yang merasa ada kejanggalan dalam proses penanganan hukum di kepolisian. Kami akan tindak lanjuti dan meminta klarifikasi, dalam kasus Nindy Ayunda ini kami akan ke Polda Metro Jaya," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Penyekapan

Di kesempatan berbeda, Fahmi Bachmid, kuasa hukum korban mengatakan, Nindy dilaporkan oleh Rini Diana, istri dari Sulaeman, mantan supirnya Nindy Ayunda.

"Rini Diana melaporkan kasus penyekapan yang dialami suaminya ke Polres Jaksel. Selain suaminya, korban penyekapan lainnya adalah Lia Haryati, mantan babby sitter anaknya Nindy Ayunda," ungkap Fahmi.

Fahmi menyebutkan, Nindy Ayunda dilaporkan dalam kasus penculikan dan penyekapan ke Polres Jaksel pada 15 Februari. "Nomor laporannya LP/904/II/YAN2.5/2021/SPKT PMJ Pasal 333," terangnya.

 

4 dari 4 halaman

Mangkir

Dia membenarkan bahwa Nindy Ayunda mangkir beberapa kali dari panggilan penyidik Polres Jaksel. "Herannya kok enggak dijemput paksa ya," ujarnya.

Fahmi mengungkapkan, akibat penyekapan yang dilakukan oleh Nindy Ayunda, korban mengalami trauma.

Nindy Ayunda sendiri sampai berita ini diturunkan belum bisa dimintai komentarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.