Sukses

Konten Korea Selatan Perkasa di Disney Plus Hotstar Meski Belum Lama Mengudara

Liputan6.com, Jakarta Konten dari Korea Selatan memang baru beberapa bulan ini saja "mendarat" di Disney Plus Hotstar. Snowdrop, drama Korea pertama di platform ini, tayang perdana akhir tahun lalu. Lantas disusul Rookie Cops, Grid, hingga yang akan segera tayang seperti Big Mouth, Soundtrack #1, hingga Crazy Love.

Jessica Kam-Engle, Head of Content & Development Asia Pacific menjelaskan bahwa banyaknya konten Korea di platform ini adalah untuk menjawab selera pasar, termasuk di wilayah Indonesia.

"Kami selalau mempelajari ketertarikan dan kebutuhan audiens kami. Di Indonesia, yang diketahui dari riset adalah ada ketertarikan yang tinggi terhadap konten Korea," tuturnya dalam bincang-bincang daring yang digelar beberapa waktu lalu oleh Disney.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Disukai di Banyak Wilayah

Kecenderungan ini tak hanya terjadi di Indonesia belaka.

"Konten Korea juga disukai di banyak wilayah lain, tak hanya Indonesia, tapi di semua target pasar. Tayangan yang baru-baru ini dirilis, memperlihatkan performa yang bagus di semua market, Top 3 dalam hal viewing time," ia menambahkan.

Melihat tren seperti ini, langkah logis dari pihaknya adalah menjawab ketertarikan pasar dengan menyajikan lebih banyak tayangan serupa.

"Konten Korea adalah bagian besar dari fokus kami di region lokal," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Kesuksesan Snowdrop

Konten Korea di Disney Plus Hotstar yang terbilang paling sukses, kata Jessica, adalah Snowdrop yang dibintangi Jisoo Blackpink dan juga Jung Hae In. Dalam press release, terungkap bahwa Snowdrop menduduki posisi kedua di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan menduduki 5 besar di sebagaian besar pasar APAC.

"Ini memperlihatkan, meski kami memang belum memiliki banyak konten [Korea], tapi yang ini sudah memperlihatkan bahwa judul yang merupakan acara Korea pertama kami, sangat sukses. Kami ingin terus membawa tayangan seperti ini ke dalam platform kami," ujarnya.

Jessica Kam-Engle menjelaskan bahwa untuk tahun ini, sudah ada 20 tayangan Korea yang diumumkan.

4 dari 5 halaman

Alasan Konten Korea Diterima

Lantas apa yang membuat tayangan Korea begitu sukses dalam menarik perhatian penonton? Menurut Jessica, ada sejumlah perspektif untuk menjawab pertanyaan ini. Dari segi teknis, konten Korea memiliki kualitas produksi yang tinggi.

"Karena sangat sukses, dalam sepuluh tahun terakhir banyak pemirsa yang menyukainya, dan investasi yang disuntikkan ke dalamnya makin banyak. Alhasil production value makin naik, bintangnya makin dikenal termasuk di luar Korea. Ini adalah siklus yang sehat untuk drama Korea," ujarnya.

Selain itu, dari segi penonton yang berada di Asia, tayangan dari Korea Selatan memiliki kedekatan budaya dengan mereka.

"Ada banyak tayangan bagus dari US, tapi kita ingin melihat orang dengan warna kulit yang sama dengan kita, makan makanan yang sama dengan kita, dengan nilai kekeluargaan yang serupa," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Tayangan Indonesia

Jangan berkecil hati, yang mendapat tempat di Disney Plus Hotstar tak cuma tontonan dari Negeri Ginseng. Jessica Kam-Engle menjelaskan pihaknya tetap berkomitmen dalam menyajikan tayangan dari Indonesia. Untuk tayangan Indonesia, kata Jessica Kam-Engle, pihaknya telah mengumumkan tujuh tayangan, dan akan bertambah pada tahun ini.

"Saya juga menantikan kesempatan untuk membangun produk Indonesia, secara perlahan dan terus menerus agar bisa diterima secara luas dan dengan lebih baik di seluruh dunia," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.