Sukses

Casio EMI Berinovasi di Tengah Krisis Manufaktur Global yang Mulai Merambah

Casio EMI berinovasi di tengah industri manufaktur global yang sedang menghadapi krisis berat yang belum pernah dialami sepanjang sejarah karena kombinasi dari berbagai faktor.

Liputan6.com, Jakarta Saat pabrikan ataupun mata rantai distribusi kesulitan untuk melakukan forecast/prakiraan permintaan (bahan baku maupun produk jadi) karena situasi hulu dan hilir yang sangat tidak menentu. Industri apapun di dunia ini terkena dampak dari krisis global dan memaksa pabrikan untuk menaikkan harga secara signifikan termasuk industri Audio dan Musical Instrument. Tidak terkecuali CASIO EMI yang dipasarkan oleh PT. Kairos Multi Jaya.

Akan tetapi di tengah krisis tersebut, CASIO EMI justru berhasil ‘mengamankan’ komponen-komponen produksi beserta proses produksinya, sehingga CASIO EMI tidak sampai mengalami kelangkaan barang hingga berbulan-bulan seperti dialami oleh sejumlah brand lain.

Bahkan boleh dibilang CASIO EMI tidak mengalami kelangkaan tersebut. Untuk proses shipping, sampai saat ini masih tepat waktu walapun ongkos kirim harus mengikuti kenaikan biaya kirim yang terjadi.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Batal Menaikkan Harga

“Sebenarnya sejak April 2021, CASIO EMI sudah berencana untuk menaikkan harga jual. Namun dengan berbagai pertimbangan kenaikan tersebut, akhirnya kami putuskan untuk membatalkan dan baru pada Januari 2022 ini CASIO EMI dengan sangat terpaksa menyesuaikan harga jual produknya karena situasi yang sudah tidak dapat dihindarkan”, beber Athanasius Cahyo Budiono selaku Director of Sales, PT. Kairos Multi Jaya.

Bahkan dalam situasi krisis seperti saat ini, CASIO EMI terus berinovasi dan rajin meluncurkan belasan model baru yang modern, inovatif dan unik. Namun tetap dengan harga yang terjangkau! Seperti ditunjukkan pada model-model baru yang di-launching hari ini.

Diantaranya CT-S1000V, CT-S500, CDP-S110, CDP-S160, CDP-S360, PX-S1100 dan PX-S3100. Ini adalah hal yang sangat luar biasa, mengingat brand kompetitor alih-alih meluncurkan produk baru mereka masih sibuk berkutat mengamankan pasokan ke pasar.

 

3 dari 6 halaman

Faktor Penyebab Krisis

Padahal dalam setahun belakangan ini, bahkan ada pabrikan yang mengubah harga hingga 2 kali hanya dalam tempo 8 bulan; hal yang rasanya tidak mungkin terjadi dalam situasi normal. Dengan kenaikan harga berkisar antara 5 hingga 50 persen.

Adapun factor-faktor penyebab krisis manufaktur tersebut antara lain disebabkan oleh situasi pandemic Covid-19 yang secara drastis mengurangi interaksi sosial dan memaksa struktur pasar untuk bertransformasi, masalah rantai pasokan elektroknik (electronic supply chain issue) yang disebabkan oleh kelangkaan chip / semikonduktor sebagai salah satu komponen penting.

Lonjakan permintaan pasokan bahan baku dan permintaan akan produk jadi naik signifikan tanpa diimbangi dengan ketersediaan tenaga kerja yang cukup ditambah krisis energi di China serta diperburuk dengan masalah pengiriman global.

 

 

4 dari 6 halaman

CDP-S110, CDP-S160 dan CDP-S360

CDP-S110 adalah model entry-level dalam seri piano digital CDP-S dan menawarkan berbagai fitur yang mengesankan: keyboard otentik, generasi suara dan sistem speaker yang mengesankan. Sepuluh nada penting, termasuk grand piano dan piano elektrik, sedang menunggu untuk ditemukan dan dimainkan. CDP-S 110 tersedia dalam warna hitam dan putih.

CDP-S160 adalah model entry-level dalam seri piano digital CDP-S yang hadir dalam warna hitam dan merah dengan pilihan tambahan tiga pedal tetap CS-470P maupun thee pedal unit SP-34 (dijual terpisah) dan menawarkan berbagai fitur yang mengesankan: keyboard otentik, generasi suara, dan speaker yang mengesankan. sistem. Sepuluh nada penting, termasuk grand piano dan piano elektrik, sedang menunggu untuk ditemukan dan dimainkan.

Selain fitur-fitur yang disertakan dalam CDP-S110, CDP-S160 memiliki fungsi yang sempurna untuk pelajaran musik seperti Duet Mode, MIDI recorder dan Scale Function.

CDP-S360 menampilkan keyboard full-scale 88-key yang sesuai untuk berbagai genre musik. Terdapat total 200 rhythm dan 700 tone berkualitas tinggi mulai dari instrumen keyboard seperti grand piano, organ dan harpsichord, hingga string, instrumen tiup dan instrumen perkusi, sehingga memungkinkan untuk menciptakan beragam pertunjukan hanya dengan satu keyboard. CDP-S360 kompatibel dengan stand tiga pedal tetap CS-470P atau three-pedal unit SP-34 (keduanya dijual terpisah), cocok untuk latihan dan pertunjukan.

CDP-S360 dapat dikontrol dari aplikasi Casio Music Space  yang bisa di-download gratis untuk smartphone dan tablet. WU-BT10 Wireless MIDI & Audio Adapter (dijual terpisah) memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone atau tablet Anda secara nirkabel ke piano digital Anda.

 

5 dari 6 halaman

New Privia PX-S1100 dan PX-S3100

Sejak diluncurkan di pasar Indonesia pada tahun 2019, piano digital seri Privia PX-S1000 dan PX-S3000 telah menjadi primadona piano digital di kelasnya, bahkan berhasil meraih berbagai penghargaan berkat kualitas suara dan desain yang slim, stylish & smart.

Seakan tidak pernah berhenti dalam menghadirkan piano digital yang berkelas, CASIO EMI memperkenalkan PX-S1100 yang merupakan upgrade dari PX-S1000 dan PX-S3100 yang dikembangkan dari PX-S3000, dengan peningkatan kualitas suara dan sentuhan yang ekspresif serta pengalaman memainkan grand piano yang terasa begitu nyata. 

PX-S1100 dan PX-S3100 mewarisi konsep desain dan kenyamanan bermain piano dari model sebelumnya serta meningkatkan ekspresi di seluruh rentang nada. Casio meninjau kembali struktur internal speaker untuk menambahkan nuansa mewah dan kejelasan suara yang mengesankan.

Kedua piano digital ini tidak hanya dilengkapi dengan Wireless MIDI & Audio Adapter untuk memutar lagu favorit pengguna sebagai speaker Bluetooth®, tetapi juga dapat dihubungkan secara nirkabel ke perangkat yang kompatibel menggunakan fungsi Bluetooth® Low Energy MIDI, yang menawarkan berbagai opsi untuk menikmati musik selain pertunjukan, termasuk belajar secara mandiri dan memproduksi musik. Selain itu dengan menghubungkan ke aplikasi Casio Music Space memungkinkan untuk mengubah pengaturan nada dan fungsi secara intuitif secara nirkabel.

6 dari 6 halaman

New Casiotone

Pada tahun 2022 ini, Casio menambah 2 keyboard portabel dalam jajaran Casiotone, yaitu CT-S1000V dan CT-S500. Baik CT-S1000V maupun CT-S500 telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik. Diantaranya AiX Sound Source, sumber suara yang menggabungkan nada berkualitas tinggi dengan ekspresi yang mengagumkan, lengkap tone bawaan yang beragam. Fitur ini sebelumnya menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan keyboard seri CT-X.

Terlepas dari bentuk dan desain yang ringkas, kedua seri keyboard ini juga dilengkapi dengan speaker internal dan horizontal bass reflex system yang menghadirkan nada pada frekuensi rendah yang bertenaga.

CT-S1000V adalah tambahan baru dalam jajaran keyboard elektronik Casiotone yang menghadirkan pengalaman baru dalam ekspresi keyboard dan produksi musik, bagi para musisi dan kreator musik. Model ini juga dilengkapi dengan Vocal Synthesis, sebuah teknologi terbaru sumber suara internal yang dikembangkan untuk memungkinkan pengguna dapat memainkan suara manusia, robot dan hewan yang dibuat dengan menggabungkan data lirik dan nada vokal.

Sintesis Vokal adalah teknologi sumber suara asli Casio yang menggunakan alat musik untuk menghasilkan suara nyanyian. Teknologi Casio yang baru menyelesaikan semua ini dengan menghasilkan frasa lirik dalam gaya nyanyian yang disimulasikan, memanfaatkan volume besar sampel suara nyanyian, kemudian menggabungkannya dengan data vokalis untuk menciptakan suara nyanyian gaya manusia yang mengalir mulus.

Melengkapi seri CT-S1000V, CASIO EMI juga menambahkan CT-S500 sebagai keyboard elektronik yang dapat digunakan dalam segala hal, mulai dari latihan, rekaman dan manggung. CT-S500 juga dapat terhubung ke perangkat eksternal dengan jack LINE OUT standar serta parameter nada yang dapat dimanipulasi secara real time untuk mencapai ekspresi yang dinamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini