Sukses

Doddy Sudrajat Polisikan Donasi Gala Sky, Sunan Kalijaga: Yang Memasalahkan Harusnya Ikut Nyumbang

Setelah tak lagi jadi kuasa hukum Doddy Sudrajat, Sunan Kalijaga, S.H. menanggapi aksi sang mantan klien memolisikan donasi untuk Gala Sky Andriansyah.

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu, Doddy Sudrajat melalui kuasa hukumnya, yakni Djamalludin Koedorboen, S.H., melaporkan donasi untuk Gala Sky Andriansyah yang digagas selebgram Marissya Icha.

Dari donasi itu, putra Vanessa Angel, mendapat rumah baru. Mendengar kabar ini, Sunan Kalijaga, S.H. yang resmi mundur dari posisi pengacara Doddy Sudrajat buka suara.

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Senin (3/1/2021), ayah Salmafina Sunan berpendapat, donasi untuk Gala Sky Andriansyah mestinya tak perlu dipersoalkan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sepengetahuan Ilmu Saya

“Karena sepengetahuan ilmu saya, sesuatu open donasi itu untuk apa misalnya. Untuk rumah. Rumahnya untuk siapa? Untuk Gala,” ulas Sunan Kalijaga di hadapan awak media.

“Ketika itu memang terkumpul dana dari masyarakat untuk membeli rumah untuk Gala, dan nilainya juga sesuai dengan apa yang terkumpul, saya rasa tidak masalah,” ia menyambung.

3 dari 5 halaman

Tidak Transparan

Sunan Kalijaga lantas memberi contoh open donation yang layak dipersoalkan. Misalnya, donasi untuk masyarakat Palestina yang jadi korban perang lalu terkumpul dana 5 miliar rupiah.

“Dari orang pada donasi ada yang 10 ribu, 5 ribu, 100 ribu, 1 juta, terkumpullah sampai 5 miliar lalu tidak ada kabar beritanya disumbangkan, diserahkan kepada siapa. Artinya tidak transparan, nah itu akan bisa jadi masalah,” kata Sunan Kalijaga.

4 dari 5 halaman

Harus yang Ikut Nyumbang

Lebih lanjut, ia menjelaskan, yang mempermasalahkan donasi mestinya orang yang ikut menyumbang. Maka patut dipertanyakan apakah Doddy Sudrajat ikut serta dalam donasi cucunya?

“Dan yang mempermasalahkan harus orang-orang yang ikut menyumbang, karena dia punya andil dalam donasi itu. Ketika donasinya dilencengkan, dibelikan rumah, dibelikan mobil, tidak sesuai dengan apa peruntukkanya nah itu jadi satu persoalan,” pungkasnya. 

5 dari 5 halaman

Membawa Bukti

Diberitakan sebelumnya, lewat Djamalludin Koedorboen, Doddy Sudrajat berharap donasi untuk cucunya dikembalikan ke negara. Ia berdalih mempertimbangkan bebas psikologis Gala Sky saat beranjak dewasa.

Marissya Icha yang dilaporkan ke polisi tak gentar. “Pasti. Pasti datang. Pasti datang dan membawa bukti-bukti yang ditransfer. Sebenarnya begini, setahu aku ya, harusnya kalau dilaporkan itu apabila, aku menyelewengkan dana,” responsnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.