Sukses

Staf Snowdrop Jelaskan Netralitas Agen Kontroversial di Drakor Ini, Malah Jadi Bumerang

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea  Snowdrop yang kini tengah tayang benar-benar jadi "drama" di dunia nyata. Sejumlah kontroversi melingkupi serial yang dibintangi Jisoo Blackpink dan Jung Hae In ini. 

Salah satunya adalah soal karakter agen pada Agency for National Security Planning, juga disebut sebagai NSP atau NSA. Dalam sejarahnya, lembaga ini adalah bagian dari rezim otoriter yang menguasai Korea kala itu, diwartakan Soompi.

Baru-baru ini, pihak Snowdrop buka suara mengenai suara keras menyangkut tokoh agen NSP di drakor ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tak Terlalu Negatif

"Snowdrop adalah proyek di mana kami memikirkan bahwa agen NSA adalah orang biasa juga," tutur sang staf drama, diwartakan Allkpop, Selasa (28/12/2021).

Ditambahkan, "Ada sejumlah adegan yang merupakan satir terhadap pemerintahan pada masa itu, tapi tak menampilkannya sebagai orang yang jahat secara ekstrem. Di bagian selanjutnya di drama ini, ada adegan yang berkaitan dengan insiden 1998 tanpa pelukisan NSA yang terlalu negatif."

 

3 dari 5 halaman

Soal Sudut Pandang

Ia meneruskan, "Saya merasa kontroversi atas distorsi sejarah adalah persoalan sudut pandang, bagaimana kau melihat era 1987."

Seperti diketahui, tahun 1987--yang merupakan setting Snowdrop--adalah masa reformasi yang penuh pergolakan di Korea Selatan. Gerakan pro-demokrasi berhasil dilakukan, dan menjadi dasar dari pemerintahan yang ada saat ini.

 

4 dari 5 halaman

Kesalahpahaman soal Snowdrop

"Snowdrop menampilkan NSA dengan pandangan politik yang netral, tapi bila ada penonton yang tak senang dengan sudut pandang ini, kesalahpahaman ini akan tetap ada," kata sang staf.

Setelah wawancara ini dipublikasikan, publik langsung menanggapi dengan ramai. Alih-alih memadamkan kontroversi, wawancara ini justru kembali mengobarkan kemarahan warganet.

5 dari 5 halaman

Dikritik Keras

Mereka merasa penjelasan ini adalah inti dari apa yang ditentang publik. Lebih dari 1.300 warganet meninggalkan jejak di kolom komentar.

"Ya inilah alasan sesungguhnya [dramanya] bermasalah," kata seorang warganet.

"Ini sama dengan bilang Nazi juga orang biasa," kata yang lain.

  • Snowdrop merupakan drama Korea Selatan, yang menceritakan tentang kisah cinta emosional mahasiswa Su Ho dan Young Ro. Jisoo Blackpink menjad
    Snowdrop
  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drama Korea
  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drakor
  • Jisoo adalah salah satu member vokal grup asal Korea Selatan (Korsel), yaitu Blackpink.
    Jisoo Blackpink
  • Jung Hae In
  • korea