Sukses

2 Film Rilisan Paragon Pictures Bertema Keluarga, Produser Robert Ronny Beberkan Alasan Menyentuh

Liputan6.com, Jakarta Robert Ronny bukan nama baru di industri sinema Indonesia. Bersama sineas Monty Tiwa, ia pernah menyutradarai Critical Eleven yang mengeruk 900 ribuan penonton. Ia juga berada di balik film Kartini, yang mengantar Christine Hakim meraih Piala Citra kedelapan.

Kini, di bawah payung Paragon Pictures, Robert Ronny merilis dua film pada 2021 yakni Losmen Bu Broto dan Backstage, yang rilis pada 30 Desember 2021. Keduanya bertema keluarga. Rupanya, keputusan memproduksi film tentang keluarga tahun ini disertai alasan kuat.

Dalam sesi interviu khusus dengan Showbiz Liputan6.com, pekan ini, sang produser mengulas beberapa tahun terakhir Hollywood sebagai kiblat industri film dunia berupaya mengembalikan nilai-nilai keluarga di layar lebar.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Amerika dan Keluarga

“Menurut saya menarik. Kalau Amerika yang dianggap individualis dan modern saja kembali ke nilai keluarga, artinya dunia mulai kehilangan satu rasa yakni kekeluargaan,” urai Robert Ronny.

Adanya medsos membuat yang dekat malah terasa jauh karena orang fokus ke layar ponsel bukan ke lawan bicara. Hollywood kembali menggali nilai keluarga dalam naskah lalu dihidangkan ke penonton sembari menyentil mereka.

3 dari 5 halaman

Makin Terasa

“Kalau orang bule saja begitu, kenapa kita enggak? Karena menurut saya, nilai keluarga di Indonesia khususnya di kota-kota besar mulai tergerus. Terasa jauh, enggak lagi dekat dan mengobrol satu sama lain,” imbuhnya.

Dua tahun terakhir dunia dipukul pandemi Covid-19. Banyak yang kehilangan keluarga akibat wabah. “Setelah pandemi Covid-19 ini makin terasa lagi. Sebenarnya apa sih yang lo cari dalam hidup lo?” tanya Robert Ronny.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Khawatir

Losmen Bu Broto telah dirilis dan mengumpulkan 100 ribuan penonton. Backstage siap menggempur bioskop persis di pengujung tahun. Film ini mengisahkan adik beradik Sandra dan Elsa yang hidup bareng ibunda mereka. Sang ayah telah meninggal dunia.

Banyak yang bilang merilis film pada 30 Desember 2021 dinilai berisiko mengingat Pemerintah Indonesia menerapkan PPKM level 3 sepanjang libur Nataru. Robert Ronny mulanya khawatir dengan kebijakan ini. “Aku sih sempat khawatir,” aku Robert Ronny.

5 dari 5 halaman

Hadapi Spider-man

“Tapi ya sudahlah, karena toh kita kena PPKM level 3 cuma empat hari yakni 30 dan 31 Desember 2021 lalu 1 dan 2 Januari 2021. Tanggal 3 Januari sudah 70 persen lagi kan kapasitas penonton per studio. Saya pikir ya sudah empat hari enggak masalah,” ia menyambung.

Terkait Spider-man No Way Home yang juga rilis Desember 2021, Robert Ronny menganalisis, “Film Hollywood itu very front loaded. Setelah dua minggu biasanya napasnya agak kempis. Spider-Man tayang 15 Desember, Backstage muncul tanggal 30. Pas dua minggu.”