Sukses

Kabar Dua Kaki Musisi Idang Rasjidi Diamputasi Akibat Komplikasi Diabetes Tidak Benar

Beredar kabar menyebut bahwa dua kaki musisi Idang Rasjidi diamputasi akibat komplikasi diabetes melitus. Ternyata kabar itu hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Musisi jaz Idang Rasjidi tengah berjuang melawan komplikasi penyakit di salah satu rumah sakit di Bogor. Kabar itu dikonfirmasi salah satu kerabat dekatnya yakni Jilly Likumahuwa via akun Instagram pribadinya.

Komplikasi enam penyakit yang tengah dilawan Idang Rasjidi yakni diabetes melitus, asam urat, ginjal, pengapuran punggung, kekurangan albumin, dan protein. Tim dokter menempuh tindakan amputasi.

Untuk mencegah menjalarnya si gula menggerogoti tubuhnya karena sudah bolong di bawah kelingking kaki kirinya. jika setelah transfusi msh kurang juga jumlah albumin&lekositnya, maka akan di tunda dulu amputasi-nya,” tulis Jilly, Kamis (2/12/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Itu Kabar Dari Mana?

Namun beberapa jam kemudian beredar kabar kedua kaki Idang Rasjidi diamputasi tim dokter. Jilly Likumahuwa buru-buru meluruskan kabar ini seraya menyebut itu tidak benar.

Saya yang menemani Pak Idang Rasjidi sejak beberepa waktuaneng lalu di rumahnya hingga hari ini di Rumah Sakit benar-benar terkejut sekali. Kok ada yang bisanya bilang yang diamputasi kedua kakinya? Itu kabar dari mana ya?” cuit Jilly Likumahuwa, Kamis malam.

3 dari 5 halaman

Apa Yang Diamputasi

Enggak pernah saya mengeluarkan sedikit pun rincian apa yang diamputasi kecuali rentetan nama-nama penyakit sesuai dengan yang diutarakan dokter kepda kami yang ada di kamar RS Pak Idang Rasjidi dan saya rekam semua ucapan dokter supaya jelas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Jilly Likumahuwa memohon agar masyarakat jangan mudah percaya pada kabar liar yang beredar. Ia juga minta pihak-pihak yang tak berkepentingan tidak mengembuskan isu tak jelas.

4 dari 5 halaman

Tidak Betul

Itu ide ceritanya siapa ya? Sementara dokter aja enggak bertindak sejauh itu,” Jilly Likumahuwa meluruskan. Ia sedih mendengar banyak yang termakan hoaks ini.

Di pengujung status teks, ia menegaskan bahwa dua kaki Idang Rasjidi diamputasi adalah hoaks. “TIDAK BETUL Pak Idang Rasjidi diamputasi kedua kakinya,” ia mengakhiri.

5 dari 5 halaman

Masuk Ke Ruang Operasi

Diberitakan sebelumnya, Idang Rasjidi menerima transfusi albumin dan leukosit mengingat kadar keduanya dalam tubuh sang musisi sangat rendah. Setelahnya, Idang Rasjidi masuk ke ruang operasi.

Bahagia sekali melihat anak-anak Paps Idang Rasjidi hadir,” Jilly Likumahuwa mengabarkan. Ia minta maaf kepada para sahabat karena belum diizinkan menjenguk musisi kelahiran Pangkalpinang, 26 April 1958 itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.