Sukses

CJ ENM Berlakukan Aturan Baru dalam Voting dan Penjurian Untuk MAMA 2021

Pemungutan suara untuk MAMA 2021 libatkan penggemar K-pop global.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan hiburan dan gaya hidup terkemuka di Asia, CJ ENM mengungkapkan kriteria penilaian dan pemungutan suara baru untuk 2021 Mnet Asian Music Award (MAMA 2021). Kriteria baru telah ditetapkan untuk mencerminkan tren K-pop global sejalan dengan pertumbuhan kehadiran K-pop di seluruh dunia.

Dilansir kpopmap.com, Kamis (4/11/2021), tahun ini, MAMA akan menerapkan dua standar penjurian yang berbeda untuk memastikan bahwa semua faktor – popularitas dan kualitas artistik – sama-sama diakui. Penjurian baru ini berlaku untuk tiga penghargaan utama atau Daesang Award, Song of the Year, Artist of the Year, dan Album of the Year.

Pembaruannya adalah, ketiga penghargaan Daesang tersebut tidak hanya dinilai berdasarkan voting penggemar, tetapi juga akan dinilai oleh panel juri yang terdiri dari pakar K-pop, digabungkan dengan data dari berbagai tangga musik, termasuk streaming dan penjualan album.

Namun, untuk penghargaan 'Worldwide Icon of the Year’ dan ‘Worldwide Fans’ Choice TOP 10’ akan tetap dihitung berdasarkan hasil voting penggemar K-pop di seluruh dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libatkan Penggemar K-pop Global

Untuk memastikan bahwa tren global tercermin dalam hasil, MAMA 2021 akan melibatkan suara penggemar K-pop dari seluruh dunia.

Untuk pertama kalinya, MAMA 2021 memperkenalkan chart musik global dalam hasil melalui kemitraannya dengan layanan streaming global Apple Music yang saat ini dilayani di 167 negara. Melalui Apple Music, para penggemar K-pop di seluruh dunia dapat berkontribusi mendukung idolanya di MAMA 2021. Tangga lagu global Apple Music akan digabungkan dengan Gaon Chart, Twitter, dan YouTube.

Semua data yang digunakan dalam proses penjurian akan diperiksa oleh organisasi luar yaitu Samil PwC.

Head of Music Entertainment di CJ ENM, Kim Hyun-soo mengatakan, "MAMA telah menjadi pusat musik global untuk K-pop selama 12 tahun terakhir. Sebagai pelopor dalam memperluas kehadiran K-pop secara global, MAMA kembali berencana untuk berkembang dengan meningkatkan kriteria penilaian kami untuk mencerminkan perubahan dan tren global dalam industri musik saat ini.

"Prioritas kami adalah memastikan proses pemungutan suara dan penilaian untuk upacara penghargaan kami yang sekarang dirayakan secara global, transparan, dan menghormati para pemimpin di industri kami dari perspektif yang lengkap," katanya Kim Hyun-soo.

3 dari 4 halaman

Informasi Voting

MAMA 2021 akan disiarkan di seluruh dunia pada 11 Desember, pukul 16.00 WIB.

Suara global untuk menentukan pemenang nominasi ‘Worldwide Fans’ Choice TOP 10’ akan dibagi menjadi dua bagian. Putaran pertama (pre-vote) akan dimulai pada 4 November pukul 20.00 WIB di situs resminya, 2021mama.com, Apple Music (playlist), dan Twitter. Putaran kedua akan mengikuti untuk memutuskan pemenang akhir.

Pemungutan suara akan berakhir pada 22 November pukul 18.00 WIB.

 

 

Penulis: Anastasia Merlinda

4 dari 4 halaman

Infografis 9 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang III Covid-19 Saat Libur Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.