Sukses

Tukul Arwana Dipantau Beberapa Perawat 24 Jam Penuh Selama Menjalani Perawatan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Tukul Arwana tetap mendapatkan perhatian petugas medis meski menjalani perawatan di rumah. Rizky Kimon, manajer pelawak berusia 58 tahun itu, membeberkan setidaknya ada beberapa perawat yang berjaga menemani Tukul Arwana.

Para perawat itu, disebutkan Rizky Kimon, bertugas untuk memeriksa kondisi kesehatan Tukul Arwana usai menjalani operasi perdarahan otak. Saat ini, kondisi Tukul Arwana berangsur membaik sejak meninggalkan rumah sakit.

"Perawat yang menjaga Mas Tukul memberikan update, progres-nya sangat baik," kata Rizky Kimon dilansir dari tayangan YouTube di kanal Star Story yang diunggah pada Senin (25/10/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Dipantau 24 Jam

Selama dirawat di rumah, Tukul Arwana selalu di bawah pengawasan beberapa perawat yang siap memantau kondisinya selama 24 jam penuh.

Saat ini, Rizky Kimon menuturkan, Tukul Arwana mulai bisa menoleh ke sumber suara, seperti pintu yang terbuka misalnya. Ini jelas meningkat dari kondisi sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Respons

"Kalau kemarin-kemarin belum ada respons, sekarang misalkan kalau kita buka pintu, dia (Tukul) udah nengok, mungkin mikir 'ini siapa?' gitu. Kalau kemarin-kemarin masih sedikit cuek," beber Rizky Kimon lagi.

Selain itu, Rizky Kimon juga mengungkapkan bahwa Tukul Arwana mulai ada keinginan untuk kembali belajar berdiri dan berjalan.

4 dari 5 halaman

Semangat Sembuh

Sang manajer menyebut bahwa Tukul sangat bersemangat untuk bisa sembuh. "Yang kedua, progres yang baik itu waktu fisioterapi, kemarin kan kita benar-benar menopang beliau, untuk berdiri dan belajar berjalan," kata Rizky Kimon.

"Tapi untuk saat ini beliau benar-benar punya semangat dan keberanian untuk memberikan tenaganya untuk beliau berusaha berdiri. Alhamdulillah semangat beliau untuk sembuh luar biasa sih," sambungnya.

5 dari 5 halaman

Mengunyah Makanan

Perkembangan juga ditunjukkan oleh Tukul Arwana dalam hal mengunyah. Meski belum bisa mendapat asupan makanan secara langsung, namun saat ini Tukul Arwana perlahan mulai bisa mengunyah.

"Progres yang baik berikutnya adalah beliau sudah bisa mengunyah. Jadi kemarin-kemarin kan masih susah untuk mengunyah, masih pakai selang NGT yang dari hidung. Tapi progres sekarang beliau sudah bisa mengunyah," jelas Rizky Kimon.