Sukses

Profil Ellya Khadam Pelantun Boneka Dari India yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Almarhumah Ellya Khadam menjadi Google Doodle hari ini, Sabtu (23/10/2021). Ellya adalah seniman tanah air yang kariernya bersinar pada 1960 hingga 1970-an.

Penyanyi bersuara khas ini dikenal lewat lagu “Boneka Dari India”. Lagu-lagu berirama Melayu ciptaan Ellya disebut sebagai awal lahirnya genre musik dangdut. Ellya juga dikenal sebagai aktris film yang berbakat pada masanya.

Artis legendaris ini memiliki telah meninggal pada tahun 2009. Namun namanya masih dikenang hingga sekarang. Berikut profil Ellya Khadam dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (23/10/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Lahir

Ellya Khadam memiliki nama asli Siti Alya Husnah. Ia lahir di Batavia (kini Jakarta) pada 23 Oktober 1928. Karena itulah pada 23 Oktober ini Google memperingatinya, tepat 93 tahun kelahirannya. Ia juga dikenal dengan nama Ellya Agus dan Ellya M Haris. Ellya meninggal di Bogor pada 2 November 2009 karena sakit diabetes.

3 dari 5 halaman

Karier

Ellya memulai karier sebagai penyanyi dengan bergabung di Orkes Melayu Kelana Ria yang dipimpin oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan. Pada era 1960-an, orkes ini melahirkan beberapa penulis lagu Melayu yang terkenal.

Ellya sendiri menciptakan lagu “Boneka Dari India”, “Djandji” dan “Pergi Tanpa Pesan.” Lagu-lagu Melayu tahun 1960-an ini disebut sebagai cikal bakal lahirnya musik dangdut di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Film

Selain penyanyi, Ellya juga dikenal sebagai aktris. Ia membintangi setidaknya 21 film layar lebar. Beberapa di antaranya adalah Bing Slamet Setan Djalanan, Benyamin Biang Kerok, Ratu Amplop, Benyamin Raja Lenong dan Dukun Kota.

5 dari 5 halaman

Pernikahan

Disarikan dari laman Wikipedia yang kami akses pada Sabtu (23/10/2021), Ellya dinikahkan saat usia muda dan melahirkan dua anak. Pernikahan pertama berakhir dengan perceraian. Setelah itu, Ellya disebut pernah menikah dan bercerai lagi sebanyak dua kali.