Sukses

Kronologi Bisnis Jessica Jung Digugat Gara-Gara Utang Rp 93 Miliar

Tyler Kwon, kekasih Jessica Jung sekaligus CEO Coridel Entertainment, menceritakan kronologi utang piutang ini dari versinya.

Liputan6.com, Seoul - Bisnis fashion Jessica Jung kini tengah diterpa kabar tak sedap. Dilansir dari Soompi, Rabu (28/9/2021) lini fashion bertajuk Blanc & Eclare menghadapi gugatan terkait tunggakan utang sebesar US$6,5 juta atau sekitar Rp 93 miliar rupiah.

Tyler Kwon, kekasih Jessica Jung sekaligus CEO Coridel Entertainment, akhirnya buka suara soal berita yang dipublikasikan oleh media Hong Kong ini. Sekadar informasi, Tyler Kwon juga ikut mengoperasikan Blanc & Eclare bersama sang kekasih.

"Ini bukan utang pribadi Jessica, tapi pinjaman yang dibuat untuk perusahaan," kata pacar mantan personel SNSD tersebut.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karakter Dinodai

Tyler Kwon menyebutkan ada pemberitaan yang membuat seakan-akan utang ini dibuat Jessica secara pribadi, sehingga mencemari nama sang kekasih.

"Karakter [Jessica] telah dinodai," ujar Tyler Kwon.

3 dari 5 halaman

Utang dan Bunganya

Tyler menceritakan kronologi perkara utang piutang ini. Awalnya, Blanc & Eclare meminjam US$ 4 juta dari Spectra SPC pada 2016. Piutang ini kemudian ditransfer oleh Spectra kepada Joy King Enterprise pada bulan Agustus.

Sebulan setelah pemindahan utang ini, Joy King disebut mendadak menuntut Blanc & Eclare melakukan pembayaran sebesar US$ 6,5 juta yang terdiri dari utang pokok sekaligus bunganya.

4 dari 5 halaman

Sebut Ditransfer Tanpa Sepengetahuan

Tyler Kwon mengklaim rajin mengangsur pembayaran utang kepada Spectra SPC selama tiga tahun, setelah melakukan peminjaman tahun 2016. Namun karena pandemi Covid-19, kedua pihak bersepakat untuk memperpanjang jangka waktu pelunasan dari kesepakatan awal.

Tyler menjabarkan, "Namun pada bulan Agustus, piutang ini ditransfer ke Joy King Enterprises. Tanpa setahu kami utang tersebut ditransfer, dan Joy King Enterprises mendadak mengontak kami dan bilang, 'Bayar utangmu dalam dua minggu'."

5 dari 5 halaman

Mengaku Bisa Lunasi

Meski pihak Blanc & Eclare menyebutkan soal perpanjangan yang telah disepakati dengan Spectra, Joy King berkukuh soal pelunasan dalam jangka waktu dua minggu tersebut. Perbedaan pendapat ini, akhirnya berujung kepada gugatan. 

Tyler Kwon menyebut bahwa pihak mereka bisa saja menyelesaikan hal ini secepatnya, tapi terkendala hari libur sepanjang bulan September.

"Merujuk kepada skala perusahaan kami, utang ini bisa dengan mudah dilunasi. Tapi membayar keseluruhan utang sekaligus bunganya dalam waktu dua minggu, segera setelah transfer piutang, terlalu berlebihan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.