Sukses

6 Fakta Tukul Arwana Sudah Merespons Saat Diajak Bicara Usai Operasi Perdarahan Otak

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat masih menanti kabar terkini mengenai kondisi Tukul Arwana. Komedian 57 tahun ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur, usai operasi akibat perdarahan otak.

Selalu riang dan maksimal saat menghibur, kabar Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit karena perdarahan otak mengagetkan banyak orang. Sejumlah tokoh nasional dan selebriti ikut mendoakan kesembuhan bagi pembawa acara variety show Bukan Empat Mata.

Usai operasi perdarahan otak, kondisi kesehatan Tukul Arwana dipastikan stabil. Berikut, 6 fakta terbaru mengenai kondisi terkini komedian bernama asli Tukul Riyanto yang masih dirawat di rumah sakit seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (28/9/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Perkembangan Baik

Menurut sang manajer, Rizky Kimon, kondisi Tukul Arwana sudah menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Dokter memastikan, banyak hal positif yang terlihat dari Tukul Arwana usai operasi perdarahan otak.

3 dari 7 halaman

2. Merespons Saat Diajak Bicara

Rizky Kimon menambahkan, Tukul Arwana sudah bisa merespons saat diajak bicara, termasuk saat diberi perintah oleh dokter.

"Di tanggal 27 hari Senin, tadi habis ketemu dokter, beliau sudah menunjukkan progres yang baik. Saat ini sudah kontak mata, kaki tangan bisa digerakkan," kata Rizky Kimon dikutip dari YouTube MOP Channel, Selasa (28/9/2021).

4 dari 7 halaman

3. Bisa Berkomunikasi

Selain itu, Rizky Kimon menjelaskan, Tukul Arwana bisa menangkap ucapan dokter yang memintanya menggerakkan bagian tubuh tertentu.

"Terus sudah bisa diajak berkomunikasi, misalkan, berkomunikasinya kayak, 'Mas Tukul, tangannya diangkat, Mas coba kakinya' Jadi sudah ada respons," sambungnya.

5 dari 7 halaman

4. Kondisi yang Baik

Rizky Kimon mengatakan respons yang diperlihatkan Tukul Arwana sebagai kondisi yang baik. Mengingat sebelumnya, kata dia, komedian kelahiran Semarang ini, belum dapat merespons lawan bicaranya.

"Jadi kalau kemarin-kemarin kan beliau belum tahu perintah dokter. Sekarang kalau diperintah dokter beliau bisa merespons, itu adalah respons yang sangat positif," tuturnya.

6 dari 7 halaman

5. Belum Bisa Bicara

Kendati demikian, sang komedian belum bisa bicara. Dokter mengatakan, itu memang membutuhkan waktu.

"Untuk bicara masih belum, itu kata dokter harus pakai proses lagi, nanti kan ada penyembuhan lagi jadi akan berangsung-angsur untuk bicaranya," papar Kimon.

7 dari 7 halaman

6. Terapi

Ke depannya, Tukul Arwana akan menjalani terapi untuk memulihkan kondisi tubuhnya secara maksimal.

"Untuk terapi pasti ada, kalau secara teknisnya saya nggak tahu, tapi akan ada fisioterapi untuk Mas Tukul ke depannya," tutup sang manajer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.