Sukses

Bahas Peran Jurnalis di Industri Sinema, Cut Mini Berharap FFWI Konsisten Digelar Tiap Tahun

Dalam pandangan Cut Mini, peran jurnalis dalam memajukan industri sinema besar sekaligus berdampak. Ia berharap FFWI digelar konsisten.

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2021 akan digelar di Jakarta pada 28 Oktober 2021. Sejumlah selebritas memberi dukungan untuk terselenggaranya acara ini.

Salah satunya datang dari Cut Mini. Bintang film Laskar Pelangi dan Dua Garis Biru mengakui, peran jurnalis dalam memajukan industri sinema sangat besar juga berdampak.

Aktris peraih 2 Piala Citra ini merasakan betul apresiasi para jurnalis dalam setiap karyanya dari sejak menjadi model video klip hingga melahirkan sejumlah film box office belakangan ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terima Kasih Jurnalis

“Saya juga mengucap terima kasih untuk para wartawan Indonesia yang selalu mendukung saya, mendukung apa yang saya bikin untuk perfilman Indonesia, dari dulu hingga sekarang,” kata Cut Mini.

FFWI 2021 akan menilai 92 film Indonesia yang beredar dari September 2020 hingga September 2021. Film yang berkompetisi terdiri 30 film yang tayang di bioskop dan 62 lainnya menyapa via OTT.

3 dari 5 halaman

Jangan Hanya Tahun Ini

Dari yang 90-an itu, kini tersaring menjadi 35 film yang terdiri dari tujuh komedi, tujuh horor dan 21 drama. Cut Mini menyambut baik karakter yang diusung FFWI. Ia berharap festival ini berjalan konsisten.

“Saya pastikan tanggal 28 Oktober 2021, sukses untuk FFWI dan jangan hanya tahun ini saja yang ada. Tahun depan, tahun depan, tahun depan harus selalu ada,” harapnya via video yang diunggah akun Twitter FFWI, baru-baru ini.

 

4 dari 5 halaman

Yang Kesebelas

Terpisah, Ketua Panitia FFWI 2021, Wina Armada, menjelaskan, alasan Festival Film Wartawan Indonesia tahun ini disebut yang kesebelas. Sebelumnya para jurnalis telah menggelar 10 kali festival film.

Empat kali oleh PWI dari 1970 sampai 1975, dua kali oleh PWI Jaya tahun 1985 dan 1986. Kemudian, dua festival film yang didukung JakTV, dan terakhir, dua perhelatan Usmar Ismail Awards. 

5 dari 5 halaman

Bersifat Independen

“Sistem penilaian FFWI XI bersifat independen, tanpa harus berpretensi, dan hanya menilai sembilan unsur. Unggulan FFWI XI akan diumumkan pada 18 Oktober 2021,” tutur Wina saat dihubungi, Minggu, 19 September 2021.

Pemerhati Yan Widjaya membeberkan, sembilan unsur yang dinilai FFWI 2021 yakni Film, Sutradara, Penulis Skenario, Penata Kamera, Aktor Utama, Aktris Utama, Aktor Pendukung, Aktris Pendukung, dan Penyunting Gambar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.