Sukses

Peringatan Ulang Tahun Chrisye, Mengenang Perjalanan Hidup Sang Legenda

Chrisye lahir pada 16 September 1949, salah satu penyanyi Indonesia yang karyanya terus dikenang.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 16 September merupakan peringatan ulang tahun Chrismansyah Rahadi, atau dikenal dengan nama panggung Chrisye. Lahir pada tahun 1949, Chrisye merupakan salah satu penyanyi Indonesia legendaris. Lagu-lagu suami Damayanti Noor ini tak lekang oleh waktu.

Sejumlah musisi kenamaan tanah air mendaur ulang lagu hitnya. Belum lama ini, band NOAH merilis Badai Pasti Berlalu, salah satu hit milik Chrisye. Lagu ini dipakai untuk soundtrack sinetron SCTV berjudul sama.

 

Meski telah 14 tahun meninggal dunia, sejumlah karyanya masih diminati oleh berbagai kalangan dan lintas generasi.

Dalam rangka memeringati tanggal lahir Chrisye, berikut perjalanan karier Chrisye dirangkum Showbiz Liputan6.com, Kamis (16/09/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Anak Band

Bakat musik Chrisye sudah tampak sejak almarhum duduk di bangku SMA. Bersama Joris, sang kakak, ia membentuk sebuah band.

Pada akhir 1960an, Chrisye sempat tergabung dengan band Sabda Nada (yang lantas mengubah nama menjadi Gipsy) dan The Pro's pada 1970an.

3 dari 6 halaman

Album

Pada tahun 1976, pelantun Hip Hip Hura merilis album bersama Guruh Gipsy dan album soundtrack film Badai Pasti Berlalu pada tahun 1977.

Pada tahun yang sama, Chrisye merilis album perdananya berjudul Jurang Pemisah. Sepanjang hidupnya, Chrisye menelurkan 20 album solo.

 

4 dari 6 halaman

Menikah

Dalam buku Chrisye: Sebuah Memoar Musikal karya Alberthiene Endah yang disarikan Wikipedia, disebutkan Chrisye mulai mendekati Gusti Firoza Damayanti Noor pada tahun 1981.

Yanti kala itu dikenal sebagai sekretaris Guruh Soekarno Putra. Pada 12 Desember 1982, Chrisye dan Yanti menikah. Mereka dikaruniai empat anak.

 

5 dari 6 halaman

Penghargaan

Pelantun Pergilah Kasih telah meraih banyak penghargaan dari berbagai dekade. Pada 1979, ia menang Penyanyi Pria I Kesayangan Angket Siaran ABRI.

Pada era 80-an, ia menang tiga kali BASF Awards untuk album terlaris. Video klip Kala Cinta Menggoda bahkan sukses meraih MTV Video Music Award for South-East Asia pada tahun 1998.

Tahun 2003, SCTV Awards menganugerahi Lifetime Achievement Awards.

6 dari 6 halaman

Meninggal

Pada tahun 2005, Chrisye didiagnosis mengidap kanker paru-paru. Penyanyi Galih dan Ratna ini meninggal pada 30 Maret 2007. Sementara sang istri, Damayanti Noor meninggal pada 8 Februari 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.