Sukses

Inul Daratista Dukung Pelajaran Kebinekaan untuk Anak Indonesia Lewat Metode Storytelling di Sekolah

Inul Daratista mendukung pelajaran seputar keragaman dan toleransi. Salah satunya dengan metode storytelling serial Ini Budi.

Liputan6.com, Jakarta Si Ratu Ngebor Inul Daratista jadi salah satu pengisi suara Ini Budi, serial kartun sebanyak 24 episode yang diproduksi Paragon Pictures dan Indika Foundation. Ia memerankan Bu Nur.

Mengudara di YouTube sejak April 2021, Ini Budi mengusung beragam tema di tiap episode. Tak hanya menyapa jagat maya, serial ini menggelar workshop belajar dan mengajar melalui storytelling.

Inul Daratista mendukung kegiatan ini. Nyonya Adam Suseno berharap, serial Ini Budi dan workshop yang menyertainya memberi pengaruh positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anak Indonesia dan Kebinekaan

“Harapan saya dengan hadirnya kartun Ini Budi di sekolah-sekolah. Bisa lebih mengedukasi anak-anak kita tentang keragaman dan kebinekaan di Indonesia,” ujar pelantun “Kocok-kocok” dan “Masa Lalu.”

Inul Daratista berpendapat, era digital seperti sekarang melahirkan generasi yang eksis di medsos. Dunia pendidikan patut beradaptasi dengan menyampaikan nateri ajar secara menyenangkan, mengikuti karakter sebuah generasi.

3 dari 5 halaman

Pengajaran Melalui Animasi

“Pengajaran melalui media animasi atau storytelling lebih efektif saat ini, dibandingkan dengan metode textbook,” ulas bintang sinetron Mengapa Harus Inul? dalam siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (28/6/2021).

Inul Daratista percaya, materi ajar lewat storytelling berdampak besar sekaligus positif bagi anak Indonesia. Apalagi, semangat toleransi atau menghargai perbedaan kabarnya mulai menipis.

4 dari 5 halaman

Arti Keragaman

“(Dengan storytelling di sekolah-sekolah) anak-anak jadi lebih mudah memahami tentang arti keragaman dan bisa langsung diaplikasikan di kehidupan sehari-hari,” tutup Inul Daratista.

Melansir dari Riset Programme for International Students Assessment 2018, 41 persen siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan gara-gara perbedaan. Serial animasi Ini Budi menjadi penting untuk dicanangkan sebagai bagian dari materi belajar di sekolah. 

5 dari 5 halaman

Perundungan dan Intoleransi

“Perundungan salah satu bentuk intoleransi dan ketidakmampuan menghargai perbedaan. Ini Budi membuka cara pandang baru untuk guru, bahwa nilai-nilai toleransi dapat diajarkan ke siswa lewat cara yang asyik,” ujar Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi.

Produser Paragon Pictures, Ellen Xie menambahkan, “Belajar daring menuntut metode ajar yang kreatif.  Film kartun dan edukasi bisa saling berkolaborasi. Anak-anak mendapatkan tontonan yang bermakna dan bergembira sehingga mereka lebih semangat dalam belajar.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.