Sukses

Kontrak Iklan Kris Wu Diputus Menyusul Heboh Tuduhan Pemerkosaan

Liputan6.com, Beijing - Kris Wu mulai merasakan dampak dari tuduhan melakukan perkosaan yang dilontarkan Du Meizhu. Dilansir dari Global Times, Senin (19/7/2021), merek kosmetik Kans mengumumkan pemutusan kontak dengan mantan personel EXO ini.

Tak hanya itu, sejumlah merek lain juga menghapus atau menyembunyikan iklan dan materi promosi yang menampilkan Kris Wu. Ada Lancome, Kiehl's, hingga Bestore. Unggahan dari China Central Television News yang mempromosikan lagu Kris pada Mei lalu juga dihapus.

Kans menyatakan pemutusan kontrak pada hari Minggu malam kemarin. Sementara Bestore menyebutkan kontrak dengan Wu sebenarnya telah berakhir pada November tahun lalu.

2 dari 5 halaman

Dibaca hingga 1,6 Miliar Kali

Seperti diketahui, tudingan terhadap Kris Wu kini tengah menjadi perbincangan hangat di China. Artikel yang menampilkan wawancara terhadap Du Meizhu menuai 204 ribu komentar dan dibaca 1,66 miliar kali di Weibo.

Kata kunci yang berkaitan dengan isu ini pun merajai delapan dari 10 topik yang paling banyak dicari di Weibo.

3 dari 5 halaman

Tuduhan Du Meizhu

Du Meizhu awalnya mengungkap tudingan ini kali pertama lewat sebuah unggahan di media sosial Weibo pada 8 Juli lalu yang jadi viral. Kris Wu dituduh memerkosa banyak wanita, bahkan ada yang di antaranya masih di bawah umur.

Jumlah terduga korban diwartakan berbeda. Allkpop menulis ada 30, sementara Global Times menyebut Du Meizhu menyatakan korban melebihi delapan orang termasuk dirinya, dan dua di antaranya di bawah umur.

4 dari 5 halaman

Dirayu dengan Alkohol

Du Meizhu menyertakan sejumlah tangkapan layar yang ia klaim sebagai bukti percapakan dengan sejumlah terduga korban. Wanita-wanita ini mengaku dirayu saat minum alkohol untuk menghabiskan malam bersama Kris Wu.

Unggahan ini telah dibantah oleh pihak Kris Wu, yang menyatakan akan mengambil langkah hukum.

5 dari 5 halaman

Bantahan Kris Wu

Sekitar dua minggu setelah unggahan ini dibagikan, wanita yang mengaku sebagai mantan kekasih Kris Wu ini menjalani wawancara dengan sebuah media China. Ia menjelaskan dengan lebih detail tuduhan terhadap pria bernama asli Wu Yi Fan ini.

Setelah wawancara ini dipublikasikan, isu yang mendera Kris Wu kian menyebar. Gerah, akhirnya ia mengeluarkan pernyataan pribadi yang membantah keras tuduhan terhadapnya.

"Aku menyatakan tak ada yang namanya 'pemilihan selir!' tak ada 'pemerkosaan dengan rayuan', 'perkosaan dengan menggunakan obat bius untuk memperkosa!' Tak ada 'anak di bawah umur! Kalau memang ada yang seperti itu, jangan khawatir, aku sendiri yang akan masuk penjara!" begitu pernyataan Kris Wu di Weibo.