Sukses

Festival Film Cannes Kembali Digelar, Penonton Standing Ovation 5 Menit di Film Pembuka

Festival Film Cannes 2021 digelar secara penuh, setelah tahun lalu dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Cannes - Setelah absen digelar tahun lalu karena pandemi Covid-19, Festival Film Cannes 2021 akhirnya digelar. Ajang prestisius di industri hiburan ini, digelar di Prancis, pada 6-17 Juli 2021.

Festival Film Cannes ke-74 ini dibuka pada Selasa malam (6/7/2021) waktu setempat, dengan pemutaran film Annette.

Dilansir dari Variety, selepas film yang dibintangi Adam Driver ini ditayangkan, para penonton berdiri memberi tepuk tangan penghormatan—atau standing ovation—selama lima menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tepuk Tangan untuk Cannes

Variety menulis, gemuruh tepuk tangan ini terasa tak hanya ditujukan kepada Annette. Melainkan juga kembalinya festival film ini di tengah ancaman pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya surut.

Media ini mencatat, meski banyak pengunjung yang telah menerima vaksin, panitia tetap menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya, setiap pengunjung yang berasal dari luar Uni Eropa mesti memberikan hasil tes yang dilakukan tiap 48 jam sekali, sebelum bisa masuk lokasi acara.

 

3 dari 5 halaman

Bertabur Bintang

Karpet merah juga tetap berlangsung, dan masker para bintang bisa dilepas sementara waktu agar fotografer bisa mengambil wajah mereka.

Sejumlah bintang yang berjalan di karpet merah antara lain Helen Mirren, Jessica Chastain, Maggie Gyllenhaal, Bella Hadid, Marion Cotillard, Jodie Foster, sutradara Parasite Bong Joon Ho, dan juga presiden juri tahun ini, sutradara Spike Lee.

 

4 dari 5 halaman

Jodie Foster Terima Penghargaan

Dalam malam pembukaan ini, aktris kawakan Jodie menerima piala kehormatan Palme d’Or atas pencapaiannya. Aktris Amerika Serikat 58 tahun ini, menyampaikan pidato dalam bahasa Prancis yang lancar, karena semasa kecil bersekolah di negara ini.

"Rasanya menyenangkan ya, bisa keluar dan berdandan? Apakah kalian merindukan suasana glamornya?" tanya bintang Taxi Driver ini.

5 dari 5 halaman

Tak Sampai Habis

Kembali ke film pembuka, Annette merupakan drama musikal yang mengisahkan dua artis yang memiliki seorang anak dinamakan seperti judul film ini. 

Variety menilai film ini terasa jauh dari kata konvensional. Sebagai buktinya, ratusan tamu disebut meninggalkan kursinya di tengah film. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.