Sukses

Rakesh Bhagwandas Daryanani, Desainer Baju Langganan Para Artis dan Pejabat

Liputan6.com, Jakarta Nama Rakesh Bhagwandas Daryanani dikenal sebagai desainer para artis. Tak hanya itu saja, langganannya juga datang dari kalangan pejabat. 

Rakesh Bhagwandas merupakan formal wear designer di balik SAS Design. Gerai tailor yang dikenal dengan pelanggan-pelanggannya yang berasal dari kalangan artis dan pejabat. 

Deretan pengguna jasanya tidak main-main. Sebagian contohnya dari artis senior seperti Anto hoed, Indro Warkop, Anang Hermansyah, Jeremy Thomas, Tora Sudiro,  sampai artis masa kini seperti, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Billy Syahputra, Ruben Onsu, Dion Wiyoko , Irwansyah, VJ Daniel , Indra Kenz, Verrel Bramasta, Shaheer Sheikh, Boy William dan yang terbaru, Rizky Billar. 

Meski dikatakan sukses menjadi pilihan utama nama-nama besar di atas, dirinya menekankan bahwa SAS Design selalu hadir untuk semua kalangan.

“Skema SAS Design itu untuk bisa dijangkau semua kalangan. Produk saya kerap membuat membuat orang sungkan mendatangi toko saya atau bertemu dengan saya. Padahal saya selalu membuat produk yang bisa dijangkau oleh semua kantong,” ujar Rakesh Bhagwandas dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/6/2021).

“Karena definisi sukses itu bukan berarti saya bisa dapat uang sekian dalam hidup ini, tapi berapa orang yang bisa saya buat terlihat rapi,” tambahnya.

 

2 dari 5 halaman

Observasi

Reputasi positif yang diraih Rakesh bukan tanpa alasan. Keunggulannya adalah pada ketelitian dalam observasi yang jeli untuk para pengguna jasanya. Sebagai contoh, saat Rakesh mendapat pesanan dari raja Youtuber Asia Tenggara, Atta Halilintar. 

Rakesh yang tergolong akrab dengan Atta hanya dititipkan sebuah pesan pendek mengenai pembuatan jas untuknya kala itu. Hanya pesan sederhana, “Bro, aku perlu jas buat pernikahan,” selebihnya, Atta percaya sepenuhnya dengan proses kreatif Rakesh.

Di sini Rakesh melakukan observasi jitunya. Berawal dari mencari makna pakaian itu, seberapa resmi acara terkait, dan riset-riset mendalam lainnya. 

Ketika semua visi misinya terpenuhi, barulah ia mulai proses teknis pembuatannya.

 

3 dari 5 halaman

Dipercaya

Selama delapan tahun ia dipercaya oleh Raffi Ahmad. Semua kebutuhan jas dari artis berjulukan Sultan Andara ini berada di bawah tanggung jawabnya.  

“Saya terus memantau berat badan Raffi Ahmad untuk mendapatkan fiting terbaik. Jadi setiap kali Raffi gemukan atau kurusan, setiap dia naik berat badan satu kilo pun, saya langsung dipanggil ke Andara,” ucapnya sambil tertawa.

 

4 dari 5 halaman

Diperkenalkan

Ia memang sudah dikenalkan dengan segala hal tentang jahit-menjahit sejak dini. Menarik ke masa lalu, sosok ayah berpengaruh besar dalam pemilihan jalur karirnya.  

“Saat masih kecil, saya orangnya suka bangun telat. Orang tua saya punya siasat untuk itu. Dia coba ganti pola hidup saya dengan cara membuka pintu kamar saya setiap jam 6 pagi. Perlahan saya sadar bahwa saya setiap hari bangun karena mendengar suara gunting ayah sedang membuat pola,” kenangnya sambil tersenyum.

Beranjak dewasa, Rakesh mempelajari jahit-menjahit secara otodidak. Namun, Ia tidak pernah luput untuk memberikan apresiasi besar untuk para teman dan senior yang tak segan untuk berbagi ilmu kepadanya.

 

5 dari 5 halaman

Senior

Salah satu senior yang dimaksud adalah desainer kenamaan nasional, Ivan Gunawan, yang kebetulan memiliki kesamaan dengannya: belajar tailoring secara otodidak.  

“Igun (panggilan Ivan Gunawan) adalah seorang yang sangat baik, inspirasional. Dia adalah sosok guru bagi saya,” tuturnya.

Kini semua pandangan tertuju kepadanya, setelah tangan emasnya sukses meramu tampilan artis Rizky Billar saat melamar sang tercinta, Lesti Kejora.

Rakesh pun menyatakan bahwa dirinya sudah siap mendukung semua kebutuhan pakaian yang akan dikenakan Rizky Billar hingga hari pernikahan.