Sukses

Riri Riza Bikin Film Pendek Pakai Ponsel Pintar, Antarkan Sensasi Realisme kepada Penonton

Perkembangan teknologi berdampak ke berbagai aspek kehidupan. Riri Riza menyebut, teknologi memengaruhi proses produksi film.

Liputan6.com, Jakarta Riri Riza menyebut perkembangan teknologi berdampak besar pada bidang yang ia tekuni yakni produksi film. Ponsel pintar terus berevolusi dengan beragam tipe kamera.

Terbaru, ada ponsel pintar dengan teknologi satu miliar warna yang memungkinkan sineas menangkap momen senyata aslinya dengan lebih detail. Riri Riza pernah bikin film fiksi pendek dengan ponsel.

Dalam sesi tanya jawab virtual dengan Showbiz Liputan6.com, Kamis (3/6/2021), sutradara Petualangan Sherina dan Athirah berbagi kiat soal menggunakan ponsel pintar untuk bikin film.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rencana Kerja

“Kalau buat saya, kenali dulu apa saja kelebihan device yang mau kita gunakan. Kemudian tentukan rencana kerja yang dirancang dari syuting sampai post production. Saat masuk ke produksi film itu, kita tidak sendiri lagi,” Riri Riza menjelaskan.

“Kalau yang saya lakukan, membuat film fiksi pendek. Apa yang saya rencanakan harus dari awal sampai akhir. Itu yang paling utama,” imbuhnya dalam virtual Press Launch Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia.

3 dari 5 halaman

Ambience Atau Atmosfer

Riri Riza menyebut kamera ponsel pintar membuka lebih banyak kemungkinan soal sudut pandang, cara meletakkan kamera, dan menciptakan komposisi adegan. Pernah, ia menggunakan kemampuan ponsel merekam suara untuk memotong beberapa prosedur kerja.

“Kualitas suara yang kita rekam untuk menciptakan ambience atau atmosfer di lingkungan itu sudah memadai dengan kamera ponsel pintar,” kata Riri Riza seraya menekankan pentingnya mengenali device.

 

4 dari 5 halaman

Antarkan Sensasi

Lebih lanjut, Riri Riza menekankan pentingnya memilih cerita yang tepat. “Sebagai penonton saya selalu ingin melihat realisme, pengalaman yang dekat dengan saya saat menonton film,” paparnya.

“Dengan kamera ponsel, saya bisa mengantarkan sensasi itu ke penonton. Saya bisa letakkan kamera ini dekat dengan aktoir, kita seperti punya hubungan baru dalam bercerita,” Riri Riza mengakhiri.

5 dari 5 halaman

Teknologi Kamera

Dalam kesempatan itu, Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen, mengatakan kehadiran Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia yang bertepatan dengan penyediaan jaringan 5G dari Pemerintah menerima sejumlah ulasan positif yang memverifikasi keunggulannya.

“Termasuk fitur one billion colour dual primary cameras dan one biliion colour display. Teknologi kamera ini meningkatkan kualitas layaknya kamera profesional. Ia menangkap, menyimpan, dan menampilkan warna yang begitu kaya serta detail,” urainya, panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.