Sukses

Once Mekel Ulang Tahun ke-51, Ini 6 Hit Besar Mantan Vokalis Dewa 19 Termasuk Fenomena Dealova

Jumat (21/5/2021), Elfonda Mekel alias Once Mekel merayakan ulang tahun ke-51. Mari simak lagi 6 hit besar mantan vokalis Dewa 19 ini.

Liputan6.com, Jakarta Suara Elfonda Mekel alias Once Mekel kali pertama dikenal khalayak lewat intro tembang “Kuldesak” yang dibawakan Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan, pada 1998.

Padahal, ia sudah punya rekaman sendiri menahun sebelumnya lewat album Salah Apa Aku. Pada 2000, Once Mekel menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis Dewa 19. Bersama band ini, Once melahirkan lima album.

Jumat (21/5/2021), Once Mekel ulang tahun ke-51. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 hit besar Once sebagai solis maupun front-man Dewa 19. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anggun

“Anggun” yang ditulis Bebi Romeo bareng Ahmad Dhani bagaikan sekapur sirih yang membuka banyak bab dalam karier bermusik Once Mekel. Mengisi track kedua di album kompilasi 10 Fresh Hit Nah rilisan Aquarius Musikindo (1999), lirik “Anggun” seanggun puisi.

Tembang ini berisi kekaguman pada perempuan yang dituang dalam beragam majas. Ada tiga alasan mengapa perempuan ini dikagumi. Perhatikan alasan kedua, “Kedua, parasmu cantik bagai bidadari surga yang menebarkan wangi-wangi, yang mendebarkan jantung.” Duh…

3 dari 7 halaman

2. Roman Picisan

Setahun setelah merilis “Anggun,” Once diumumkan sebagai vokalis Dewa 19 yang baru. Album pertama Dewa bersama Once, Bintang Lima, meledak di pasar. Ia terjual lebih dari 1,5 juta kaset dan menjadi album terlaris Dewa sepanjang karier mereka.

Album ini dibuka dengan “Mukadimah” berisi orkestrasi Erwin Gutawa. Intro ini memberi kode bahwa pendengar harus mengantisipasi suara Once yang akbar dalam “Roman Picisan”. Waktu menguji Once yang kini jadi salah satu dari 50 penyanyi terbesar dalam sejarah Indonesia.

4 dari 7 halaman

3. Dealova

Film Dealova yang dibintangi Jessica Iskandar dan Evan Sanders flop di pasar. Namun tidak dengan album soundtracknya yang ditangani serius hingga terjual lebih dari 300 ribu kaset. Selain “Saat Kau Pergi” dari BCL, album ini sukses berkat “Dealova” karya Opick.

Dibalut orkestrasi Addie MS, Once sukses menjadikan “Dealova” sebagai takdirnya. Bahkan saat dinyanyikan ulang oleh Opick, tetap saja publik masih mengenang nomor ini sebagai milik Once seorang.

 

5 dari 7 halaman

4. Kucinta Kau Apa Adanya

Lagu ini diduga bocor ke publik. Tanpa judul, hanya berisi petikan gitar plus suara Once yang menyayat. Viral di jagat maya (kala itu Twitter belum populer dan Instagram belum punya akta lahir -red), Aquarius Musikindo menantang publik memberi judul lagu ini.

Sejumlah judul mengemuka dari “Komitmen” hingga “Aku Mau.” Yang terpilih, judul “Kucinta Kau Apa Adanya” yang kemudian dirilis resmi dengan aransemen lebih utuh. Sukses di pasar meski Once pada tahun itu belum punya album solo.

 

6 dari 7 halaman

5. Simfoni yang Indah

Merayakan ulang tahun ke-40, Aquarius Musikindo berencana merilis buku plus album berisi 10 tembang lawas yang dinyanyikan ulang oleh para penyanyi perusahaan rekaman tersebut. Once kebagian “Simfoni Yang Indah,” nomor legendaris milik maestro Bob Tutupoly.

Yang bikin syok, Once membawakannya tanpa beban dan menjadi diri sendiri. Sukses lepas dari bayang-bayang penyanyi aslinya, “Simfoni Yang Indah” terdengar bagai lagu baru berkat aransemen yang wah.

7 dari 7 halaman

6. Tak Sempurna

Pada 2015, Once merilis album solo kedua, Intrinsik yang memfiturkan 12 lagu termasuk “Tak Sempurna.” Dirilis ketika mayoritas lagu berdurasi tiga menitan, “Tak Sempurna” membentang hampir lima menit.

Hadir dengan format full band plus karakter vokal Once yang kuat adalah kunci sukses tembang ini. Refrain lagu ini bagaikan racun tanpa kesan menye-menye. Aku takut kehilanganmu, aku takut kau tak kan kembali, tak sempurna hidupku tanpamu…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.