Sukses

6 Tingkah Iis Dahlia Ini Dikecam Warganet, dari Tolak Undangan Jokowi Sampai Tragedi Lagu Marhaban Tiba

Liputan6.com, Jakarta Iis Dahlia seolah tak henti memantik kontroversi. Baru-baru ini, Nyonya Satrio Dewandono mengaku hamil duluan. Saat menikah resmi pada 2002, Iis Dahlia rupanya tengah hamil empat bulan.

Pedangdut kelahiran Indramayu, 29 Mei 1972, ini sempat kebingungan menutupi perut buncitnya. Bukan berarti ia hamil di luar nikah. Setahun sebelumnya, Iis Dahlia dan sang suami telah nikah siri.

Meski begitu, tetap saja rahasia yang tertutup rapat selama belasan tahun ini bikin geger warganet. Ini bukan kali pertama ibunda Devano Danendra bikin heboh. Showbiz Liputan6.com mencatat enam kontroversi lain. Simaklah.

 

2 dari 7 halaman

1. Menolak Undangan Jokowi

Iis Dahlia menolak undangan. Yang ditolak tak main-main, yakni Presiden Jokowi. RI-1 mengundang pelantun “Payung Hitam” ke pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada 2017. Iis ogah hadir dengan alasan Solo kota kecil, susah cari hotel. Warganet ngamuk.

Iis buru-buru mengklarifikasi. “Begini, waktu ketemu Pak Jokowi, Bapak bilang: Iis mau datang enggak? Kalau datang nanti dikasih undangan. Saya bilang tidak bisa karena syuting. Terus saya becandain, kalau saya diundang nyanyi saya mau. Nah itu bercandaan,” ujarnya.

Konteksnya bercanda. Namun warganet, khususnya wong Solo kadung naik pitam. Saking heboh, sejumlah media nasional sampai bikin artikel mendata hotel bintang empat dan lima di Kota Bengawan buat Iis Dahlia.

 

3 dari 7 halaman

2. Klarifikasi Suami Dipecat

Suami Iis Dahlia adalah pilot pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton. Diduga, dua barang mewah ini selundupan yang bikin negara tekor hingga 1,5 miliar rupiah. Iis Dahlia pun disorot warganet dan awak media.

Pasalnya, beredar rumor suami Iis dipecat gara-gara skandal ini. “Nah itu yang salah juga, jangan pada salah. Ada yang bilang suaminya dipecat pergi ke London. Hei, anak gue itu dari pertama pergi ke London, sudah tahu graduationnya bulan kapan,” ujar Iis, Desember 2019.

Ia makin gondok saat akun Instagram terverifikasinya digeruduk warganet +62 dengan komentar sepedas saus sambal. “Come back to Jkt ... back to routineHhhmmmm ada ide gak gimana ngadepin netizen sotoy yg komentnya bikin pusing n panas ati?” tulisnya kala itu.

 

4 dari 7 halaman

3. Bahas Jodoh Raffi Ahmad

Entah netizen +62 sedang sensitif atau canda Iis Dahlia yang kebablasan. Dalam sebuah acara musik, Nagita Slavina, Raffi Ahmad, dan Iis Dahlia sepanggung dengan Melly Goeslaw serta Ari lasso. “Dia tuh pencinta Gemini, tapi jodohnya Aquarius,” kata Iis Dahlia di sela acara.

Ndilalah, zodiak Ayu Ting Ting Gemini. Potongan video ini mejeng di akun gosip. Netizen mencibir Iis Dahlia. “Lah siapa yg gak marah coba, itu istri sah depan mata pake acra sok2 bilang laki org pecinta gemini.. gak ngehargai orang lain,” celoteh akun @aku_siapa05.

 

5 dari 7 halaman

4. Curhat Almarhumah Chacha Sherly

Hujan kecaman mengguyur Iis Dahlia kala ia membocorkan curhat terakhir Chacha Sherly, yang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan tol, awal 2021. “Dia sempat kayak ada niat untuk bun** di** karena masa pandemi ini,” Iis Dahlia blak-blakan.

“Jadi mobilnya diambil sama lising dia ngerasa enggak ada kerjaan. Mau pulang ke rumah orang tuanya dia bilang enggak punya uang dia malu. Karena sudah ngerasa berkarier di sini,” akunya.

Diunggah akun gosip Instagram, Iis dikecam netizen. Mereka berpendapat, tak elok menyampaikan curhatan orang yang telah meninggal. Apalagi, yang di-curhat-kan adalah isu sensitif.

 

6 dari 7 halaman

5. Marhaban Tiba, Marhaban Tiba

Apes menimpa Iis Dahlia saat menyanyikan “Ramadan Tiba” di salah satu stasiun televisi swasta namun ia malah melantun, “Marhaban tiba, marhaban tiba.” Potongan video salah lirik ini mejeng di akun gosip Instagram. Lagi-lagi, ia jadi bulan-bulanan warganet +62.

Ibu dua anak ini membela diri dengan berujar, “Enggak tahu kan keriwehan gue? Ha ha ya Allah. Kadang orang di luar sana tidak tahu persiapan kita, preparing kita di belakang panggung.” Mendadak diminta nyanyi saat dirias. Inilah yang membuat Iis tak maksimal di panggung.

 

7 dari 7 halaman

6. Komentar Pedas di Layar Kaca

Video salah lirik ini rupanya berbuntut panjang. Jemari gesit netizen +62 mengunggah ulang kejudesan Iis Dahlia mengomentari performa kontestan ajang pencarian bakat. Sang peserta menunduk, sementara pemilik album Tamu Tak Diundang dan Air Mata Tiada Arti mengomel.

“Kamu nari juga nanggung, ekspresi juga nanggung. Kalau suara enggak bagus, ekspresi oke. Kan ada banyak penyanyi yang suaranya biasa saja tapi gaya panggungnya oke. Oke, ada nilai plus buat seorang penampil. Tapi kamu biasa banget, enggak ada apa-apanya,” omelnya.

“Ini dari awal sudah menye-menye. Artikulasi enggak kedengaran. A-I-U E O itu harus buat seorang penyanyi. Kamu ini bukan lagi nyanyi di panggung hajatan,” cerocos Iis, kami lansir dari akun Instagram @berita_gosip, Sabtu (17/4/2021). Duh.