Sukses

Inilah Niat Menjalani Puasa Ramadan

Berikut adalah niat puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadan yang dimulai pada hari esok, Selasa, 13 April 2021. Salah satu rukun puasa adalah mengucapkan niat.

Niat puasa Ramadan diucapkan sebelum fajar tiba. Beberapa hadis juga menjelaskan niat bisa diucapkan malam harinya sebelum sahur atau setelah salat tarawih.

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan." (Muttafaqun 'alaihi).

Dalam hadis lain yang diterima dari Siti Hafshah, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang tidak berniat akan berpuasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka tidaklah ia berpuasa."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Niat Puasa Ramadan

Niat puasa Ramadan adalah, "Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala."

Sementara artinya adalah, "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Artikel ini juga pernah dimuat dalam kanal Ramadan Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.