Sukses

6 Film Terbaik Nirina Zubir yang Ulang Tahun ke-40 Hari Ini 12 Maret 2021, Nomor 3 Banjir Air Mata

Liputan6.com, Jakarta Kata orang hidup dimulai di usia 40 tahun. Hari ini tampaknya, hidup Nirina Zubir dimulai kembali. Menikah dengan Ernest Fardiyan Syarif pada 2009, kini sang artis dikaruniai dua anak.

Nirina Zubir salah satu aktris dengan karier langgeng. Ia bintang film dengan bayaran termahal periode 2007 hingga 2009. Pernikahan tak menghentikan mantan VJ MTV ini untuk mencetak box office lagi.

Merayakan ulang tahun Nirina Zubir ke-40 dan menandai 18 tahun berkarier di layar lebar, Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 film terbaiknya. Adakah salah satunya favorit Anda?

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

1. 30 Hari Mencari Cinta (2003)

Ini era ketika industri film domestik baru menggeliat berkat kesuksesan Petualangan Sherina, Jelangkung, dan Ada Apa Dengan Cinta? yang berhasil melahirkan sejumlah bintang baru. Film ini menempatkan trio Dina Olivia, Nirina Zubir, dan Maria Agnes di garda depan.

Gagal mencetak jutaan penonton namun dari sini, karier sejumlah bintang besar berasal. Termasuk, Revaldo. Dua soundtrack yang dilantun Sheila On 7, yakni “Melompat Lebih Tinggi” dan “Berhenti Berharap” dikenang penonton hingga kini.

3 dari 7 halaman

2. Mirror (2005)

Ini salah satu karya terbaik Hanny R. Saputra. Salah satunya, karena sukses mengarahkan para pemain tampil gemilang. Dalam horor, tokoh setan biasanya menakuti penonton.

Namun Nirina yang memerankan Kikan berhasil mengirim rasa takut. Khususnya, takut mati. Adegan di dapur dan keputusan Kikan tidak tidur karena takut tak bangun untuk selamanya adalah yang paling epic dari Mirror.

4 dari 7 halaman

3. Heart (2006)

Nirina Zubir tak mungkin melupakan film yang mempertemukannya dengan Acha Septriasa dan Irwansyah ini. Karakter Rachel yang dibawakan Nirina memeras hati penonton maupun juri FFI. Rachel mengantar Nirina meraih Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Bukan berarti hanya Nirina yang merasakan dampak ledakan Heart. Acha dan Irwansyah yang membawakan soundtrack “My Heart,” “Pencinta Wanita,” dan “Sampai Menutup Mata” dikenal hingga Malaysia. Ini salah satu kisah cinta di layar lebar yang ditangisi penonton.

5 dari 7 halaman

4. Kamulah Satu-satunya (2007)

Meraih Piala Citra berkat Heart bukan kebetulan. Setahun setelahnya, Nirina Zubir membuktikan bahwa kecintaan pada seni peran telah mengaliri nadinya. Ia kembali meraih nominasi Piala Citra kali ini lewat tangan dingin Hanung Bramantyo.

Dalam Kamulah Satu-satunya, Nirina memerankan Indah, siswi yang dibesarkan oleh kakeknya (Didi Petet). Ia punya satu obsesi yakni bertemu Dewa 19. Tentu saja, Anda mendapat bonus performa Ahmad Dhani dan kawan-kawan di sini.

6 dari 7 halaman

5. Get Married (2007)

Seperti 2006, 2007 tahun keemasan Nirina Zubir. Ia melahirkan dua film keren. Selain Kamulah Satu-satunya, ada Get Married yang dianggap sebagai standar emas film Lebaran hingga kini. Selain laris menyerap 1,3 juta penonton, film ini berbuah dua Piala Citra.

Setelahnya, Get Married punya empat sekuel dan tetap laris hingga dibuat versi serial di layar kaca. Publik sejenak lupa pada Rachel karena Nirina Zubir identik dengan sosok Mae.

7 dari 7 halaman

6. Keluarga Cemara (2019)

Nirina Zubir hanya butuh satu adegan untuk membuktikan dia adalah aktris besar Tanah Air, yakni saat rumah mewah berikut aset Abah (Ringgo Agus Rahman) disita lalu keluarga ini jatuh miskin gara-gara ulah Fajar (Ariyo Wahab).

Dalam adegan penyitaan, Emak menatap Fajar tak berkedip. Sorot matanya tajam merefleksikan amarah yang terpapar kecewa. Setelahnya mata itu berkaca. Dalam satu adegan tanpa putus, jantung penonton berdesir memikirkan wajah seorang Emak.