Sukses

Young Lex Dituduh Lakukan Plagiat, Ini Perbandingan Video Klip Raja Terakhir Vs Lit Milik Lay EXO

Liputan6.com, Jakarta Video klip "Raja Terakhir" yang dirilis Young Lex Senin (8/3/2021), membawanya dalam sebuah kontroversi baru. Ia dituding telah menjiplak video klip "Lit" milik Zhang Yixing, atau dikenal juga sebagai Lay EXO.

"Lit" adalah proyek solo Lay dengan bahasa Mandarin yang dirilis pada 1 Juni 2020. Sementara "Raja Terakhir" lagu promosi Young Lex untuk gim Three Kingdom: Hero Legendaris.

Kecaman yang dialamatkan kepada rapper "Cukstaw" ini menggelora di media sosial. Saat artikel ini ditulis, nama Young Lex dan ucapan "Respect Lay Zhang" berada di lima besar trending topic Twitter Indonesia.

Tak cuma itu, video klip "Raja Terakhir" juga panen dislikes. Video 3,5 menit ini disukai 14 ribu orang, sementara yang tak suka tembus 20 ribu pengguna YouTube.

Seperti apa kemiripan antara "Raja Terakhir" dan "Lit"? Benarkan Young Lex menjiplak karya Lay? Kami membeberkan mise-en-scène dalam kedua video klip, silakan Anda menilainya sendiri.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

1. Saling Tatap dengan Naga

Di awal "Raja Terakhir", Young Lex tampak bertatapan dengan naga, sudut kamera tampak sedikit membelakangi sang rapper. Sementara di video klip Lay, kamera menyorot dari samping.

Posisi naga dan tokoh utama dalam video klip ini terbilang persis. Hewan mitologi sama-sama digambarkan bertubuh hitam dengan sisik berpendar: warna merah keemasan di video sang rapper Indonesia, dan emas di karya Lay.

3 dari 7 halaman

2. Penari Berkuku Hitam

Di dua video klip, ditampilkan penari dengan kuku hitam yang mengenakan veil warna serupa. Dalam "Lit", wanita ini ditampilkan secara hitam putih.

Gerakan tari di kedua video klip, kerap menonjolkan gerakan jari dan kuku-kuku panjang ini. 

4 dari 7 halaman

3. Adegan Tarian

"Lit" dan "Raja Terakhir" sama-sama menampilkan beberapa adegan tarian. Di salah satu adegan ini, Young Lex tampak hadir bersama sejumlah penari dengan mengenakan pakaian tradisional serupa hanfu dengan detail berkelir putih di kerah. Para penari latar juga mengenakan pakaian serupa.

Latar tempat adegan ini adalah halaman rumah bernuansa Tiongkok, dengan tangga batu berundak. Seluruh elemen ini, hadir pula dalam video "Lit."

 

5 dari 7 halaman

4. Adegan Tarian (II)

Tak hanya satu adegan tarian yang dipermasalahkan. Di adegan lain, para penari Young Lex tampak menari di depan layar warna merah, dan tubuh mereka membentuk siluet. 

Adegan serupa juga muncul di video milik Lay. 

6 dari 7 halaman

5. Adegan Tarian (III)

Di bagian akhir dua video, sama-sama muncul tarian solo yang ditampilkan pria bertelanjang dada. Gerakannya, sama-sama menonjolkan kekuatan dan entakan kaki juga tangan. 

Sementara latar belakangnya, sama-sama menampilkan "tubrukan" antara gelapnya warna hitam dan pijaran warna merah keemasan.

7 dari 7 halaman

6. Naga di Atas Genteng

Salah satu bagian klimaks di video, saat seekor naga muncul dan meliuk dari balik bangunan dengan arsitektur Tiongkok kuno. Sang naga meliuk dan membuka mulutnya dengan garang, diterangi cahaya purnama. Sementara kamera bergerak "membelah" barisan pasukan yang tengah berdiri membawa panji-panji warna merah. 

Bila Anda bertanya deskripsi ini menggambarkan adegan di video klip yang mana, maka jawabannya adalah dua-duanya.