Sukses

Young Lex Dituduh Jiplak Video Klip Lay EXO, Jadi Trending Topic Twitter

Liputan6.com, Jakarta Young Lex lagi-lagi jadi sorotan. Kali ini video klip terbarunya yang bertajuk "Raja Terakhir" dituduh merupakan jiplakan dari video klip milik Lay EXO atau Zhang Yixing, yang bertajuk "Lit".

Sekadar pengingat, "Lit" dirilis pada 1 Juni 2020, sementara "Raja Terakhir" baru diunggah 8 Maret 2021.

Tudingan ini digemakan para penggemar Lay di Tanah Air. Bahkan saat artikel ini ditulis, Selasa (9/3/2021), tagar bertuliskan "Respect Zhang Yixing" menduduki peringkat nomor dua di Twitter Tanah Air.

Isi tagar ini, tentu saja rasa geram penggemar terhadap sang rapper. Mereka juga menyertakan perbandingan antara kedua video, untuk memperlihatkan kemiripan antara karya milik Lay dan Young Lex.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Perbandingan Video Klip

Dalam salah satu adegan "Lit", diperlihatkan siluet penari dengan latar belakang merah. Hal serupa juga ditampilkan di video musik Young Lex, yang merupakan promosi untuk gim Three Kingdoms: Hero Legendaris.

Dalam kedua video, ditampilkan sesosok wanita menggunakan veil dan kuku panjang warna hitam, naga hasil CGI yang muncul dari balik bangunan, hingga adegan saat sang artis berhadapan dengan naga.

3 dari 5 halaman

Otak Micin

Tuduhan ini juga ikut dilaporkan situs hiburan Korea Selatan berbahasa Inggris, Koreaboo. Disertakan pula tangkapan layar komentar Young Lex yang disertakan dalam video klipnya.

"Fans k-pop otak micin akan bilang ini plagiat," begitu isi komentar yang ditampilkan.

Dari penelusuran Liputan6.com, komentar Young Lex ini sempat diduga hilang, dan dipertanyakan banyak warganet mengapa dihapus. Young Lex kemudian kembali berkomentar, "Komen fans k-pop otak micin nya ga di apus masih ada noh. Otak micin dan id**t," tulisnya, disertai emotikon tawa terbahak.

4 dari 5 halaman

Reaksi Penggemar

Penggemar Lay jelas berang.

Fans dengan akun Twitter @bbhbungee menulis, "Mempermalukan diriku sendiri jika berani menjiplak video musik dengan level tertinggi ini, @layzhang mencurahkan jiwa dan kreativitasnya untuk video musik ini. HORMATI ZHANG YIXING. Plagiarisme tak bisa ditoleransi."

"Stop menjiplak! Sangat jijik melihat hasil kerja orang dengan gampangnya kamu ambil dengan kualitas buruk. Hargai karya orang, hapus segera dan jangan permalukan negaramu!" tulis seorang warganet di kolom komentar video ini.

5 dari 5 halaman

Like vs Dislike

Di akun Instagram Young Lex sendiri, unggahan terakhirnya masih menampilkan promosi untuk video klip ini. Dalam sejumlah Instagram Stories yang dibagikan Young Lex, warganet yang menyukai video klip "Raja Terakhir" terbilang ribuan orang. Hanya puluhan yang memencet tombol dislike.

Kini kondisi terbalik. Saat berita ini ditulis, rasionya adalah 11 ribu warganet yang mengklik tombol like dan 18 ribu memencet dislike.