Sukses

5 Fakta Kontroversi Sowon GFriend Peluk Manekin Berseragam Nazi

Liputan6.com, Seoul - Sowon GFriend baru-baru ini tersandung sebuah kontroversi. Hal ini berawal dari sebuah unggahan yang memperlihatkan dirinya sedang berfoto dengan manekin. Hanya saja, seperti diwartakan Allkpop, Senin (1/2/2021), manekin ini terlihat mengenakan atribut yang menyimbolkan tentara Nazi

Tentu saja para penggemar, terutama yang berada di luar Korea Selatan, keberatan dengan keberadaan foto ini. Tak sedikit yang langsung menuangkan kekecewaan mereka lewat media sosial.

Kontroversi ini akhirnya sampai juga ke telinga agensi GFriend, Source Music, yang mengutarakan permintaan maaf secara resmi. Agensi juga menceritakan kronologi kejadian ini berdasarkan versinya. Berikut Liputan6.com rangkum fakta-fakta seputar kejadian ini:

2 dari 6 halaman

1. Diunggah, Lalu Dihapus

Diwartakan Allkpop dan Koreaboo, pada 31 Januari lalu, Sowon mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkannya memeluk sebuah manekin dengan seragam militer. Dari pakaiannya, diidentifikasi bahwa ini adalah seragam tentara Nazi dalam Perang Dunia II.

Foto ini diunggah di akun Instagram pribadinya, @onedayxne. Foto yang dipermasalahkan ini kini telah dihapus. 

3 dari 6 halaman

2. Di Lokasi Syuting

Saat foto ini beredar, sebagian penggemar memperkirakan bahwa foto ini diambil di lokasi syuting. Hal ini dibenarkan dalam pernyataan resmi agensinya, Source Music. 

"November tahun lalu, perusahaan produksi dari outsource menyewa sebuah kafe di Paju untuk syuting video dalam acara comeback di album baru," tutur perwakilan Source Music. 

4 dari 6 halaman

3. Tidak Ada yang Sadar

Saat syuting suasana belakang layar, rupanya tidak ada yang meyadari bahwa ada masalah dalam properti dalam kafe tersebut. Termasuk saat penyuntingan video. 

"Saat syuting, departemen yang bertanggung jawab untuk mengecek lokasi syuting tak sadar ada masalah dengan pakaian manekin. Walau inspeksi internal dan diskusi telah dilakukan sebelum mengunggah video di belakang layar (12 Desember) dan foto (31 Januari), kami mengunggah tanpa menyadari masalahnya," kata perwakilan Source Music.

Video yang memuat visual manekin ini akhirnya diedit ulang. 

5 dari 6 halaman

4. Merasa Bersalah

Source Music juga menceritakan bahwa Sowon kaget begitu menyadari hal ini. "Sang artis juga sangat kaget setelah menyadari makna dari konten foto dan segera menghapusnya, dan dia sangat merasa bertanggung jawab dan patah hati karena mengunggah foto ini," tutur wakil Source Music.

6 dari 6 halaman

5. Minta Maaf

Source Music lantas meminta maaf atas kejadian ini. 

"Kami meminta maaf karena tidak mengecek lokasi syuting atas properti yang tidak layak, karena tidak menginspeksi konten saat syuting dan proses mengunggahnya, dan tidak memperhatikan fakta sejarah dan masalah dalam masyarakat. Kami dengan tulus meminta maaf kepada semua orang yang merasa tak nyaman karena foto dan video tersebut," tulis Source Music.