Sukses

Film Bebas Karya Riri Riza Mendarat di Platform Digital, Simak 6 Fakta Menariknya

Masih ingat film Bebas yang dibintangi Marsha Timothy dan Baim Wong? Karya Riri Riza itu dijadwalkan mendarat di platform digital pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Film Bebas karya Riri Riza diirilis pada Oktober 2019. Film yang mengumpulkan setengah juta penonton lebih ini dibintangi Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Widi Mulia, Baim Wong, dan Indy Barends.

Kabar baiknya, film Bebas bersama 24 film laris dari berbagai negara akan mendarat di platform digital Catchplay+ mulai 31 Desember 2020. Film impor lain yang bisa diakses bersama Bebas antara lain La La Land, The Hunger Games, dan Now You See Me 2.

Film rilisan Miles Films ini memanen sejumlah penghargaan termasuk di FFI 2019. Laporan khas Showbiz Liputan6.com kembali merangkum 6 fakta menarik dari balik layar film Bebas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Adaptasi Film Korea Sunny

Bebas adaptasi dari film box office Korea Selatan, Sunny. Ini kali pertama dikonfirmasi Mira Lesmana pada Selasa (12/3/2019). Dalam kesempatan itu, Riri Riza diumumkan sebagai sutradara.

“Ini cerita tentang cinta, persahabatan, dan saat-saat penting dalam hidup kita. Ini tentang teman yang sudah seperti keluarga sendiri,” cetus Mira Lesmana di Jakarta.

3 dari 7 halaman

2. Syuting 32 Hari

Riri Riza yang dikenal lewat Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi membeberkan, syuting Bebas dilakukan di Jakarta selama 32 hari dan diproyeksikan rilis pada semester kedua 2019.

Karena Bebas memuat kisah dari dua kurun waktu berbeda, maka ada sejumlah bintang muda yang direkrut untuk memainkan tokoh masa muda, yang hidup di era 1990-an.

4 dari 7 halaman

3. Rekrut Banyak Pendatang Baru

Sejumlah bintang muda dan atau pendatang baru yang direkrut untuk Bebas yakni Maizura, Agatha Pricilla, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, dan Luthesa. Riri Riza punya alasan khusus merekrut pendatang baru.

“Saya butuh para pendatang baru yang punya purity dan kepolosan untuk menghidupkan karakter di film ini. Awalnya berat. Saya harus memberi pengantar apa itu naskah, reading, dan kerja kolektif di lokasi syuting kepada mereka,” ulasnya. 

5 dari 7 halaman

4. Adaptasi Korea Rasa Indonesia

Meski mengadaptasi film Korea, bukan berarti Bebas kehilangan cita rasa Indonesia. Mira Lesmana sejak awal menegaskan, Bebas adalah film Indonesia. Bukan film Indonesia dengan cita rasa Korea.

“Jadi semua karakter harus Indonesia dari gaya hidup. Ketika kita gambarkan sekolah tahun 1990-an, nomor satu kita putuskan tidak menggambarkan sebagai sekolah perempuan meski Sunny bersetting di sekolah khusus perempuan,” Mira memaparkan.

6 dari 7 halaman

5. Setengah Tahun Kurasi Soundtrack

Selain itu, Mira Lesmana turun langsung untuk menangani album soundtrack Bebas. Ia mendengar ratusan lagu yang dirilis tahun 1990-an dari genre pop, indie, rap, dan lain-lain.

“Misalnya album Iwa K, tidak mungkin saya hanya mendengarkan satu lagu. Saya harus mendengarkan album TopengKram Otak, dan lain-lain,” beber Mira Lesmana kepada Showbiz Liputan6.com.

7 dari 7 halaman

6. Tahun Baru Gratis

Mulai 31 Desember 2020 pukul 00.00 hingga 1 Januari 2021 pukul 24, pengguna Catchplay+ di Indonesia bisa menonton gratis 25 film blockbuster dari seluruh dunia termasuk Bebas. Caranya dengan mengakses situs resmi atau unduh aplikasi Catchplay+ lalu bikin akun gratis.

“Ini apresiasi buat pelanggan setia yang bisa melalui masa sulit dengan harapan kembali bangkit di tahun baru bersama-sama,” kata CEO Catchplay+, Daphne Yang dalam siaran pers yang kami terima, pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.