Sukses

Audisi LIDA 2021 Digelar Online, Juri Tertantang Harus Lebih Tajam Menilai

Indosiar menggelar LIDA 2021 dengan audisi online.

Liputan6.com, Jakarta LIDA 2021 digelar. Rangkaian audisi online sudah dimulai sejak 15 November 2020. Tim Indosiar singgah di 34 propinsi di Tanah Air. Mereka menyaring para peserta yang sudah mendaftar secara online.

Salah satunya propinsi DKI Jakarta. Audisi online kompetisi menyanyi Indosiar di ibukota digelar Minggu (13/12/2020) lalu. Menurut Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM, pilihan menggelar audisi secara online tidak semata karena kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga usai.

Melainkan juga menangkap animo masyarakat di audisi tahun-tahun sebelumnya yang harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di Ibukota Provinsi atau Kabupaten.

“Panjangnya waktu pendaftaran mudah-mudah akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online”, tambah Harsiwi dalam siaran pers tentang Liga Dangdut Indonesia ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juri

Saat audisi online ada tim juri Indosiar yang bertugas menyaring. Sementara juri oleh para artis nanti pada audisi final.

Ekin Gabriel, Senior VP PSRD Indosiar, yang juga menjadi salah satu juri Tim Indosiar, dalam virtual press conference audisi online di DKI Jakarta, menjelaskan kali ini juri harus lebih tajam menilai kualitas suara, dinamika dan feel peserta audisi saat menyanyi.

Apalagi ada resiko sinyal atau koneksi internet yang tidak sama di semua daerah. Ini bisa jadi kendala saat menjuri.

"Memang ada keterbatasan. Di satu sisi, audisi online ini memberi kemudahan untuk para peserta. Daftar jadi sangat mudah. Tidak perlu keluar biaya saat audisi, paling untuk beli kuota saja. Tapi kendalanya memang ada saja peserta yang gaptek. Juga kendala nggak semua daerah itu stabil sinyal  koneksinya. Tapi keuntungannya juga kita bisa ulang-ulang (audisi) di kota mana saja," paparnya. 

 

 

3 dari 3 halaman

LIDA

Sesuai syarat, audisi ini diikuti usia 14-25 Tahun. LIDA jelas memberikan kesempatan bagi peserta usia muda.

"Kita temui selama ini ternyata justru usia muda itu yang lebih besar peluangnya. Memang yang usia 20 ke atas itu (banyak) sudah matang (suaranya). Tapi menurut saya, kayak sudah "tercemar".

Eki berharap peserta usia muda itu lebih murni, seperti emas yang bisa diasah. "Kita pilih (batasan) usia muda, jadi lebih mudah dibentuk, agar dia lama di dunia entertainment. Karena Indosiar kan punya komitmen mendukung mereka untuk maju di entertaint", paparnya.

Sekedar informasi. lantaran pendaftar membludak sampai ribuan maka pendaftaran lebih cepat ditutup yaitu tanggal 17 Januari 2020. Sampai berita ini diturunkan audisi online sudah digelar di 24 propinsi, termasuk DKI Jakarta, 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.