Sukses

Audisi Online LIDA 2021 Digelar Bersamaan di 7 Provinsi Ini Rabu 23 Desember 2020

Liputan6.com, Jakarta LIDA 2021 disambut meriah masyarakat di berbagai provinsi. Sejak 15 November 2020, audisi online kompetisi menyanyi Indosiar untuk genre dangdut ini telah digelar. Ternyata antusias yang begitu besar dari para calon peserta.

Saat berita ini diturunkan, tercatat Indosiar telah menggelar audisi online di 24 propinsi. Pesertanya berjumlah ribuan orang. Lantaran antusiasme tersebut maka pendaftaran Liga Dangdut Indonesia kali ini ditutup lebih awal menjadi Minggu, 17 Januari 2021.

Menurut Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM, pilihan menggelar audisi LIDA 2021 secara online tidak semata karena kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga usai.

Melainkan juga menangkap animo masyarakat di audisi tahun-tahun sebelumnya yang harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di Ibukota Provinsi atau Kabupaten.

“Panjangnya waktu pendaftaran mudah-mudah akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online”, tambah Harsiwi dalam siaran pers, tentang ajang kompetisi menyanyi Indosiar itu

 

2 dari 4 halaman

Syarat Peserta

Sekedar informasi Liga Dangdut Indonesia dapat diikuti oleh peserta pria maupun wanita yang berumur 14–25 tahun. Mereka yang kelahiran tahun 1996–2007 diharaokan memiliki bakat menyanyi lagu dangdut/ Melayu.

Calon peserta dapat mendaftar melalui website: www.indosiar.com dengan mengisi formulir secara online berupa data diri, antara lain kartu identitas, foto terbaru full body dan close up.

Setiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IG TV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat).

Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian. Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci. Lantaran pandemi tim stasiun televisi ini tidak mendatangi ibukota 34 provinsi di Indonesia seperti penyelenggaraan tahun-tahun lalu. 

 

3 dari 4 halaman

Lagu-Lagu saat Audisi Online

Lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah “Gejolak Asmara” (Up Beat) dan “Tiada Tara” (Slow Beat) untuk peserta pria. Sedangkan lagu “Ditikam Asmara” (Up Beat) dan “Kulepas Dengan Ikhlas” (Slow Beat) wajib dinyanyikan peserta wanita. Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi online via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar.

 

4 dari 4 halaman

7 Propinsi

Pada Rabu (23/12/2020) Indosiar menggelar serentak audisi online di 7 propinsi. Yaitu: 

- Lampung

- Kalimantan Tengah (Kalteng)

- Kalimantan Timur (Kaltim)

- Jawa Timur (Jatim)

- Gorontalo 

- Bangka Belitung (Babel)

- Papua

Para peserta yang sudah mendaftar secara online langsung diilai oleh juri-juri Indosiar. Sebut saja:

- Ekin Gabriel SVP PSRD Indosiar (Babel, Gorontalo)

- Ade Purnama Produser LIDA 2021 (Lampung, Kalteng, Papua)

- Lanny (Kaltim)

Ajang pencarian bakat menyanyi dangdut yang dianugerahi sebagai Program Pencarian Bakat dengan Peserta dari Provinsi Terbanyak oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), memang sangat menjaga penyaringan kualitas peserta.