Sukses

6 Lagu K-Pop yang Menyentuh tentang Sosok Bunda, Yuk Dengar Saat Hari Ibu

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember kembali datang. Hari yang tepat untuk merenung sejenak mengenai sosok perempuan yang telah melahirkan dan merawat kita. 

Ikatan emosional antara ibu dan anaknya, kerap menjadi inspirasi bagi musikus. Lagu-lagu ini biasanya memiliki lirik yang menggetarkan hati, dan dinyanyikan dengan lembut, seperti kasih seorang ibu. 

Di Indonesia, misalnya, ada "Bunda" dari Melly Goeslaw yang kini telah menjadi salah satu nomor klasik. Dari jagat K-Pop, tak sedikit pula lagu yang mengangkat tentang ibu.

Tampaknya, ini waktu yang pas untuk kembali memutar dan menyelami liriknya, bukan? Berikut enam di antaranya:

2 dari 7 halaman

1. Dear Mom - SNSD

Lagu ballad ini dibuka dengan Seolhyun dkk, yang bercerita tentang hari mereka yang berat. Tiba-tiba datang telepon dari ibunda dengan pertanyaan sebuah pertanyaan sederhana, apakah anaknya sudah makan.

Pertanyaan ini menyadarkan sang anak tentang kasih sang ibu, dan janji yang pernah ia katakan. Yakni, untuk tumbuh menjadi seseorang yang berhati cantik.

 

"Dengan segala cinta yang kau berikan kepadaku, aku akan memiliki hati hangat

Aku terlalu malu untuk mengatakan dengan terus terang,

Ibu, aku benar-benar mencintaimu" 

 

3 dari 7 halaman

2. Flower Road - Kim Sejeong

"Untuk membesarkan sekuntum bunga, 

Berapa banyak hujan yang jatuh dari matamu?"

 

 

Lagu Kim Sejeong ini langsung menjadi hit saat dirilis empat tahun lalu. Lirik lagu ini tampaknya begitu mengena di hati para pendengarnya. Yakni mengenai anak yang akhirnya sadar betapa besar cinta dan pengorbanan yang diberikan sang ibu.

Meski dunia yang ia hadapi kini jauh lebih keras tanpa perlindungan sang ibu, Sejeong berjanji ia akan mekar dengan cantik. 

4 dari 7 halaman

3. Mom - Infinite

Ada kalanya seorang anak sulit mengucapkan kata "aku mencintaimu" kepada sang ibu. Hal ini dinyanyikan Infinite dalam lagu mereka, "Mom."

"Karena engkau selalu dekat, karena engkau selalu berkata 'tak mengapa'," begitu isi nyanyaian Sungjong dkk. Lewat lagu ini, mereka kemudian mengungkap apa yang selama ini ingin dikatakan. 

5 dari 7 halaman

4. Mom - Insooni

Lagu menyentuh milik Insooni ini sempat dinyanyikan kembali oleh Ken Vixx di hadapan ibunya dalam sebuah festival musik pada akhir tahun 2016. Sang ibu tak kuasa menahan air mata mendengar bait-bait lagu yang dinyanyikan sang anak. 

 

"Ibu, sosok yang begitu mencintaiku

Ibu, sosok yang aku belum melakukan apa-apa untuknya

Aku tak tahu betapa bahagianya diriku dalam cintanya, 

Aku hanya memikirkan dan mencintai diriku sendiri"

 

6 dari 7 halaman

5. Mom - Ra.D

Seorang ibu selalu memberi, sementara anaknya hanya menerima dan menerima. Saat kecil sang anak memang tak mengerti apa yang telah ia terima. Namun setelah dewasa, hatinya terenyuh setelah memahami besarnya kasih ibunda. 

 

"Saat itu aku bahkan tak tahu caranya mensyukurinya.

Aku hidup tanpa tahu apa-apa, 

Ibu, hanya dengan memanggil namamu, mengapa hatiku sakit seperti ini?"

 

Lagu ini, juga pernah dibawakan kembali oleh Jin BTS. 

7 dari 7 halaman

6. MAMA - J-Hope

Bila lagu-lagu dalam daftar ini semuanya bernuansa balada, yang terakhir memiliki nuansa dan pesan yang berbeda. "MAMA" dari J-Hope, adalah lagu rap tentang pesannya untuk sang bunda. Yakni, bahwa semua kerja keras ibunda di masa lalu kini ia balas dengan kesuksesan.

 

 "Hey Mama, berharaplah yang tinggi kepadaku sekarang.

Aku akan selalu berada di sisimu.

Hey Mama, yang kau berikan padaku tanpa pamrih, selalu mendukungku, 

Hey Mama, percayalah pada anakmu sekarang, kau kini bisa tersenyum."