Sukses

Panitia MAMA 2020 Bersuara soal Gegernya Idol K-Pop Menunggu Giliran Tampil di Parkiran

Liputan6.com, Seoul - Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2020 memang telah berakhir pada 6 Desember lalu. Namun sejumlah kontroversi mengenai ajang penghargaan musik Korea Selatan tersebut masih berceceran hingga kini. Salah satunya adalah soal perlakuan tak layak yang diterima para idola K-Pop sepanjang perhelatan ini. 

Seperti diketahui, selama beberapa hari terakhir beredar perbandingan perlakuan yang diterima aktor dan aktris dibandingkan para idol K-Pop.

Dalam unggahan yang menggegerkan warganet ini, para aktris dan aktor diperlihatkan mendapat ruang tunggu pribadi. Sementara para idol K-Pop tak mendapat perlakuan serupa dan dibiarkan menunggu di parkiran. Padahal, kabarnya cuaca kala itu mencapai 2 derajat Celcius.

Media Korea Selatan Dispatch kemudian mengungkap hal lain yang membuat hati penggemar kian miris.

2 dari 5 halaman

Parkiran Mobil dan Toilet Portabel

Diwartakan Soompi, Selasa (8/12/2020), sejumlah staf idol K-Pop anonim menceritakan kondisi di balik layar kepada Dispatch. 

Mereka menyebutkan hanya ada dua grup idol yang mendapat jatah ruang tunggu, sementara yang lain harus menunggu di parkiran luar ruangan. Kamar kecil yang disediakan pun berupa toilet portabel.

Para staf dan grup ini juga diminta menuju kafetaria bila ingin mengambil konsumsi, tapi sebagian tim memilih untuk makan di mobil. Sementara itu, para artis dan aktor mengunggah foto katering yang diberikan kepada mereka. 

"Kami mengetahui bahwa ada katering saat melihat foto yang diunggah para aktor," ujar seorang sumber. 

 

3 dari 5 halaman

Sewa Tempat

Beberapa grup akhirnya memilih untuk menyewa tempat di dekat lokasi penyelenggaraan acara ketimbang harus menunggu di mobil. 

"Kebanyakan penyanyi umumnya memiliki kondisi punggung yang tidak baik. Sulit bagi mereka untuk duduk dalam waktu lama di mobil. Karena itu mereka menyewa akomodasi terpisah dan menunggu di sana," tuturnya lagi. 

4 dari 5 halaman

Gara-Gara Renovasi?

Sementara itu penyelenggara MAMA 2020 sendiri telah mengeluarkan sejumlah alasan mengapa mereka mengambil langkah ini. Salah satunya adalah pandemi Covid-19.

Wakil MAMA 2020 mengatakan tempat yang ada terbatas karena lokasi acara sebenarnya masih direnovasi sehingga hanya ada dua gedung yang tersedia. Satu gedung dipakai untuk acara karpet merah sementara lainnya untuk perhelatannya sendiri. 

"Para artis (penyanyi) menunggu secara terpisah di kendaraan masing-masing dan masuk ke lokasi saat tiba giliran mereka," kata dia. 

Ia juga menambahkan bahwa katering disediakan untuk aktor dan aktris, maupun para penyanyi. 

 

5 dari 5 halaman

Staf Lebih Sedikit

Para aktor dan aktris disebutkan menunggu di lokasi syuting I-Land yang terpisah sejauh lima menit naik mobil, dari lokasi perhelatan. 

Sang sumber mengatakan para idol dan aktor dipisah, karena penampilan para penyanyi telah lebih dulu direkam sehingga mereka tak butuh menjalani geladi resik.

"Para presenter (aktor dan aktris) juga membawa lebih sedikit orang (staf) sehingga kami bisa mengikuti protokol yang ditetapkan," ujarnya menambahkan.