Sukses

Selesaikan Kuliah Selama 7 Tahun, Ria Ricis: Yang Penting Sabar

Liputan6.com, Jakarta - Ria Ricis akhirnya resmi menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi. Adik kandung Oki Setiana Dewi ini menjalani prosesi wisuda secara virtual pada Sabtu (28/11/2020).

Ria Ricis akhirnya bisa lulus dan mendapat gelar sarjana setelah menjalani perkuliahan selama 7 tahun. Tak dipungkirinya,  menjalani perkuliahan sambil berbagi waktu dengan pekerjaan di industri hiburan tanah air bukan lah hal mudah.

Ria Ricis menyebut apa yang ia capai saat ini merupakan hasil dari kesabarannya selama ini.

"Yang penting Sabar. Sabar ngerjain tugas, sabar skripsi dicoret-coret, sabar-sabar ketemu pembimbing. Jadi kalau ada yang lagi skripsi harus banyak sabar," kata Ria Ricis.

 

2 dari 4 halaman

Cita-Cita

Di luar kariernya, tentunya gelar yang ia dapatkan ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat penting baginya.

"Pencapaian iya, karena dari dulu cita-cita kuliah dan lulus dengan nilai yang baik, dan pakai toga. Ricis yakin semua mahasiswa pengin pake toga dan ilmu bermanfaat. Selain pakai toga penginnya sih ilmunya bermanfaat," kata Ria Ricis.

 

3 dari 4 halaman

Penting

Ria Ricis beranggapan bahwa meskipun ia telah terbilang sukses di dalam kariernya di industri hiburan Tanah Air, bukan berarti ia harus menyepelekan pendidikan. Pendidikan yang ia tempuh ini pastinya akan bermanfaat dan menjadi bekal untuk kehidupannya kelak.

"(Pendidikan) Penting banget karena percuma kalau kita sukses dan berada di atas, tapi tanpa pendidikan yang cukup. Oke dinilai udah sukses dan lain-lain tapi kalau dia nggak punya bekal atau nilai-nilai yang didapat dari kuliah, jadi kita bisa melihat orang, mana yang ada bekal pendidikan mana yang tidak," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Untuk itu, Ria Ricis bersyukur karena pada akhirnya ia bisa menyelesaikan pendidikannya yang sempat terbengkalai karena kesibukan pekerjaannya.

"Memang harusnya bisa 3,5 atau 4 tahun, tapi Allah berkehendak lain karena kerja sambil kuliah itu nggak gampang buat Ricis, ada hal-hal yang buat Ricis kayaknya, 'ini dulu deh, kayaknya itu dulu deh'. Mau nggak mau kuliah terbengkalai. Tapi ternyata bisa diselesaikan walau 7 tahun," tutup Ria Ricis.