Sukses

Cerita Nama Asli Raditya Dika, Diganti Saat Masih SD

Raditya Dika sempat memiliki nama Dika Angkasaputra Moerwani Nasution. 

Liputan6.com, Jakarta Sosok Raditya Dika dikenal sebagai Komika, aktor, penulis, sutradara dan YouTuber. Pria kelahiran 1984 ini dikenal luas dengan berbagai bakat di dunia hiburan sejak 2004 silam. 

Meniti karier hampir 16 tahun di dunia hiburan, membuat Raditya Dika sudah mampu merasakan hasil jerih payahnya. Banyak karyanya dalam bentuk film maupun buku.

Namun, tak banyak yang tahu ada fakta menari mengenai namanya sendiri. Baru-baru ini, Raditya Dika mengungkapkan fakta menarik tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahasa Sansekerta

Hal itu diungkapkan oleh Raditya Dika dalam video perbincangannya bersama Helmy Yahya yang diunggah di kanal Youtube Helmy Yahya pada Selasa (24/11). Dalam kesempatan tersebut, Raditya Dika bercerita soal nama panjangnya, Dika Angkasaputra Moerwani Nasution. 

Nama tersebut diganti ketika dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Pada saat itu Ia sedang membaca buku Bahasa Sansekerta dan menemukan kata yang mencuri perhatiannya.

“Pas kelas 4 SD aku baca buku ada bahasa Sansekerta namanya Raditya, artinya matahari," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Bilang Ke Orang Tua

Setelah membaca buku Berbahasa Sansekerta tersebut, Dika lalu meminta izin untuk mengganti nama tersebut. Setelah membicarakannya dengan orang tua ternyata hal tak terduga terjadi. 

“Terus aku pulang sekolah bilang ke mama, ke orang tua, 'ma, kayaknya namaku kalau diganti jadi Raditya aja bagus deh'," tambah Raditya Dika.

 

4 dari 4 halaman

Diperbolehkan

Hal yang tak terduga tersebut adalah orang tua Raditya Dika tidak terlalu berpikir panjang. Sang ibunda menyetujui untuk mengganti nama putranya begitu saja.

"Terus mamaku, 'ya udah boleh'. Udah habis itu berubah sampai sekarang," jelas Raditya Dika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.