Sukses

Video Klip Stayc Dituduh Jiplak Milik Miley Cyrus, Intip Kemiripannya

Tudingan ini akhirnya sampai ke telinga staf agensi Stayc, Highup Entertainment.

Liputan6.com, Seoul - Grup pendatang baru Stayc, atau dalam penulisan resminya STAYC, sudah menarik perhatian publik sejak debut pada 12 November lalu. Publik kagum dengan performa dan paras keenam gadis cantik ini. 

Namun tak lama setelah debut, sebuah kontroversi menghampiri Stayc. Video klip pertama mereka, "So Bad", dituding telah menjiplak milik Miley Cyrus yang bertajuk "Midnight Sky."

Dalam adegan yang dimaksud, anggota Stayc tampak duduk di sebuah set dengan beragam tanaman, lampu disko, confetti bertebaran di lantai, serta balon di sekelilingnya. Di sisi lain, video klip Miley Cyrus juga memiliki elemen serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Agensi Buka Suara

Tudingan ini akhirnya sampai ke telinga staf agensi Stayc, Highup Entertainment.

"Kami baru-baru ini mendengar tuduhan bahwa salah satu set dalam video musik "So Bad" mirip dengan artis luar negeri. Kami telah meminta respons dari perusahaan yang membuatnya. Untuk menghindari hal sama terulang lagi pada masa mendatang, kami akan lebih hati-hati dalam hal hak cipta dan memproduksi secara lebih hati-hati," begitu pernyataan pihak agensi, seperti diwartakan Koreaboo. 

3 dari 5 halaman

Tanggapan Supervisor

Rigend Film yang bertanggung jawab mensupervisi produksi video klip ini mengakui memang ada kemiripan antara dua video klip. 

"Kami malu dan terpukul atas kontroversi plagiasi ini," begitu pernyataan perusahaan ini. 

4 dari 5 halaman

Properti Syuting Mirip

Mereka juga menjelaskan apa yang terjadi soal kemiripan ini. Meski salah satu set di video klip Stayc menyerupai milik Miley Cyrus, Rigend memastikan tak ada niat mereka untuk menjiplak.

"Kami memutuskan untuk menggunakan kombinsi sejumlah properti (bola kaca, confetti, latar belakang dedaunan perak, tanaman, dan lainnya) setelah berkonsultasi dengan sutradara panggung. Jelas dinyatakan tak ada maksud untuk menjiplak adegan mana pun," kata mereka. 

Rigend juga menjelaskan bahwa properti tersebut, sudah sering digunakan oleh Rigend.

5 dari 5 halaman

Akui Kemiripan

Namun bagaimana pun juga, Rigend tak mengelak soal kemiripan di dua video klip. "Kami mengakui kombinasi properti ini menghasilkan adegan yang berujung kepada kontroversi tak terelakkan."

Karena itu, mereka meminta maaf kepada Stayc, pihak agensi, kru yang terlibat dan juga publik atas insiden ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.