Sukses

Selebgram Sarah Gibson Putar Otak Pertahankan Bisnis, Tak Ingin Karyawan Alami PHK

Liputan6.com, Jakarta Selebgram Sarah Gibson bercerita mengenai perjuangannya mengelola bisnis klinik kecantikan yang dijalaninya. Sarah Gibson mengaku mengalami rintangan berat di saat memulai usaha klinik kecantikan yang diberi nama ALANA Beauty Bar.

Klinik tersebut, diceritakan Sarah Gibson, dibuka akhir 2019 silam. Beberapa bulan beroperasi, bisnis kecantikannya langsung dihantam badai pandemi. Sarah Gibson mulai merasakan dampak signifikan terhadap bisnisnya karena wabah Covid-19.

Dari mulai kehilangan pelanggan hingga keputusan menutup klinik kecantikannya untuk sementara waktu hingga wabah pandemi usai. Dalam beberapa bulan sejak pemerintah menyatakan Indonesia mengalami pandemi, Sarah Gibson masih bisa mengelola bisnis kecantikannya itu.

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Putar Otak

Namun untuk bulan berikutnya, Sarah Gibson sudah merasa berat menjalani bisnis kecantikan tanpa pemasukan akibat efek Covid-19. Mau tak mau, ia harus memutar otak agar bisnisnya terus berjalan dan tak sampai memberhentikan karyawan yang baru beberapa bulan bekerja dengannya.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Bertahan

Sarah Gibson akhirnya memilih mempertahankan bisnis kecantikannya. Tentunya, ia langsung mengambil sejumlah keputusan yang dinilai mampu menyeimbangkan neraca keuangan usai tak beroperasi selama beberapa bulan.

"Modal dan keuangan klinik Alana Beauty Bar benar-benar dikelola seefektif mungkin. Aku sampai harus memangkas pengeluaran yang nggak terlalu dibutuhkan," kata Sarah Gibson ditemui di perayaan 1 Year Anniversary ALANA Beauty Bar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Penyesuaian

Seiring dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah, Sarah Gibson mulai membuka kembali klinik kecantikan miliknya. Ia merombak sistem pelayanan dengan sejumlah penyesuaian baru. Cara ini dinilai ampuh untuk mengembalikan modal dan menggaji karyawannya.

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Home Treatment

Penyesuaian yang dilakukan Sarah Gibson yakni dengan membuka layanan kecantikan yang bisa dipanggil ke rumah alias home treatment. Ia memanfaatkan pelanggan yang loyal dengan pelayanan kecantikan yang diberikannya.

"Home treatment ada khusus buat customer yang sudah jadi member. Mau treatment apapun bakal disamperin sama terapis kita ke rumah," Sarah Gibson membeberkan.